Pengembangan panduan klarifikasi nilai dalam menumbuhkan konsep diri siswa smp / Hani Rahmadiina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan klarifikasi nilai dalam menumbuhkan konsep diri siswa smp / Hani Rahmadiina

Rahmadiina, Hani Rahmadiina (2021) Pengembangan panduan klarifikasi nilai dalam menumbuhkan konsep diri siswa smp / Hani Rahmadiina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahmadiina Hani. 2021. Pengembangan Panduan Klarifikasi Nilai dalam Menumbuhkan Konsep Diri Siswa SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Elia Flurentin M. Pd. (2) Nugraheni Warih Utami S. Pd. M. Pd Kata kunci teknik klarifikasi nilai konsep diri panduan Konsep diri positif pada siswa merupakan salah satu aspek penting yang perlu ditumbuhkan pada siswa sekolah menengah pertama sedini mungkin. Fenomena yang ditemukan pada SMP Laboratorium Malang yaitu siswa menunjukkan perilaku-perilaku yang mengindikasikan rendahnya konsep diri yang dimiliki siswa kelas 7. Perilaku yang ditunjukkan misalnya siswa tidak berani untuk menunjukkan dirinya di kelas. Selain itu terdapat beberapa siswa tidak begitu aktif dalam pembelajaran di kelas. Apabila dikaitkan dengan Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dan tugas perkembangan siswa SMP didapatkan bahwa siswa hendaknya sudah menerima mempersiapkan diri serta berpikir positif serta menyesuaikan diri sesuai dengan perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri dengan tujuan kehidupan yang baik dan sehat. Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku panduan klarifikasi nilai dalam menumbuhkan konsep diri siswa smp. Penelitian dan pengembangan ini mengadopsi tahap penelitian Borg and Gall yang diadaptasi menjadi lima tahap yaitu (1) melaksanakan analisis kebutuhan (2) pengembangan prototype buku panduan (3) menyusun alat evaluasi produk (4) validasi produk buku panduan (5) revisi produk awal. Instrumen uji ahli dan calon pengguna produk menggunakan skala penilaian keberterimaan produk berdasarkan ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Penilaian dari para ahli dan calon pengguna dilakukan menggunakan analisis data persentase rata-rata. Hasil penilaian oleh ahli materi menunjukkan rata-rata sebesar 80 48 % yang termasuk pada kategori tinggi. Sedangkan hasil penilaian ahli media menunjukkan rata-rata sebesar 92 64 % yang termasuk pada kategori tinggi. Hasil pada calon pengguna menunjukkan rata-rata sebesar 89 79 % yang termasuk pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji ahli dan calon pengguna panduan ini dinilai telah memenuhi kriteria keberterimaan yaitu ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Masing-masing aspek yakni ketepatan (sangat tinggi) kegunaan (sangat tinggi) kemudahan (sangat tinggi) dan kemenarikan (sangat tinggi). Akan tetapi pengembangan panduan klarifikasi nilai ini hanya sampai pada tahap uji ahli dan calon pengguna sehingga penelitian dapat dilanjut menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen untuk mengetahui efektifitas penerapan panduan klarifikasi nilai oleh konselor maupun peneliti lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199073

Actions (login required)

View Item View Item