Pengembangan panduan sinema edukasi dengan model blended learning untuk menurunkan tingkat prokrastinasi akademik siswa sman 7 malang / Wisnu Cahya Dinata - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan sinema edukasi dengan model blended learning untuk menurunkan tingkat prokrastinasi akademik siswa sman 7 malang / Wisnu Cahya Dinata

Dinata, Wisnu Cahya Dinata (2021) Pengembangan panduan sinema edukasi dengan model blended learning untuk menurunkan tingkat prokrastinasi akademik siswa sman 7 malang / Wisnu Cahya Dinata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dinata W. C. 2021. Pengembangan Panduan Sinema Edukasi Dengan Model Blended Learning Untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa SMAN 7 Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Diniy Hidayatur Rahman S.Pd. M.Pd. (II) Dr. Henny Indreswari S.Pd. M.Pd. Kata kunci Prokrastinasi akademik sinema edukasi dengan model blended learning siswa SMA. Kegiatan menunda tugas yang dilakukan oleh siswa merupakan permasalahan yang sering ditemui di sekolah. Kegiatan menunda tugas yang dilakukan oleh siswa ini juga sering ditemui di SMAN 7 Malang. Hasil wawancara dengan konselor SMAN 7 Malang didapati bahwa konselor masih menggunakan teknik konseling yang mana teknik konseling memerlukan waktu yang lebih banyak jika dibandingkan dari jumlah permasalahan prokrastinasi akademik siswa dengan jumlah konselor disekolah SMAN 7 Malang. Berdasarkan studi literatur yang didapatkan teknik sinema edukasi yang dipadukan dengan model pembelajaran blended learning mampu untuk menurunkan tingkat prokrastinasi akademik siswa dan memberikan kefisienan bagi konselor dalam memberikan layanan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan sinema edukasi dengan model blended learning untuk menurunkan tingkat prokrastinasi akademik siswa SMA yang berterima berdasarkan uji ahli materi uji media dan uji calon pengguna. Metode penelitian ini merujuk pada sepuluh langkah prosedural dari Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi lima langkah penelitian. Subjek peneltian dan pengembangan ini terdiri dari dua ahli materi yang merupakan dosen bimbingan dan konseling yang memahami dan mumpuni pada bidang bimbingan dan konseling dua ahli media yang memahami dan mumpuni pada bidang teknologi dan informasi bidang pendidikan dan dua calon pengguna yang merupakan konselor SMAN 7 Malang. Instrumen uji ahli dan calon pengguna menggunakan skala keberterimaan produk yang dikembangkan berdasarkan aspek kegunaan ketepatan kemenarikan dan kemudahan. Teknik analisis data uji ahli dan calon pengguna menggunakan inter-rater agreement model. Hasil penilaian yang dilakukan oleh dua ahli materi dua ahli media dan dua calon pengguna (konselor) masing-masing memberikan skor 1 00 yang berarti validitas sangat tinggi. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi ahli media dan calon pengguna maka panduan ini telah tervalidasi serta memenuhi unsur keberterimaan panduan yakni kegunaan ketepatan kemenarikan dan kemudahan. Keberterimaan pada format ini menunjukkan bahwa panduan ini telah berterima sebagai panduan yang layak digunakan bagi konselor di sekolah. Namun demikian karena belum melalui uji lapangan produk ini masih disebut prototipe. Berdasarkan hasil di atas panduan ini sangat layak dan dapat menjadi alternatif untuk pelaksanaan layanan BK dalam upaya menurunkan tingkat prokrastinasi akademik siswa SMA. Adapun saran untuk peneliti selanjutnya yaitu pelaksanaan uji keefektifan produk terhadap siswa secara langsung dengan rancangan eksperimen murni.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199052

Actions (login required)

View Item View Item