Pengembangan panduan problrm focused coping skill untuk mereduksi stres akademik mahasiswa / Jemi Dadang Kresnawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan problrm focused coping skill untuk mereduksi stres akademik mahasiswa / Jemi Dadang Kresnawan

Kresnawan, Jemi Dadang (2021) Pengembangan panduan problrm focused coping skill untuk mereduksi stres akademik mahasiswa / Jemi Dadang Kresnawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kresnawan Jemi Dadang. 2021. Pengembangan Panduan Problem Focused Coping Skills untuk Mereduksi Stres Akademik Mahasiswa. Tesis Program Studi Magister Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Im Hambali M. Pd. (II) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah M. Pd Kata Kunci Coping Skill Stres Akademik Konseling Perguruan tinggi sebagai jenjang pendidikan tertinggi merupakan sebuah lembaga yang menyelenggarakan pendidikan tinggi penelitian dan pengabdian. Sebagai penyelenggara pendidikan tinggi tentunya kegiatan pendidikan yang ada menjadi lebih padat sehingga tuntutan akan keilmuan menjadi lebih tinggi. Hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan diketahui bahwasanya sebagian besar mahasiswa semester akhir di UIN Maliki Malang Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan IPS mereka mengakui bahwasanya tugas akhir atau skripsi menjadi salah satu stresor yang dapat membuat beban pikiran menjadi berat. Data dari BAK (Bagian Akademik) Jurusan IPS tahun 2019 menunjukkan bahwasanya ada 35% mahasiswa yang mengalami keterlambatan dalam penyelesaian studi sarjananya.Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk untuk mengembangakan panduan problem focused coping skills untuk mereduksi stres akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang dikemukakan oleh Borg amp Gall (1983) yang mana untuk prosedur penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut 1) Studi pendahuluan 2) Perencanaan 3) Pengembangan produk 4) uji ahli produk 5) Revisi produk 6) uji calon pengguna 7) revisi produk. Peneliti melaksanakan penelitian ini hanya sampai pada tahap 7 yaitu revisi produk. Pada tahap penggalian data (studi pendahuluan) peneliti mengagali dengan wawancara dan observasi. Kemudian dilanjutkan dengan perencanaan dan pengembangan produk. Validasi produk peneliti mengujikan kepada 2 ahli bimbingan dan konseling 2 ahli bidang media pembelajaran dan 1 calon pengguna produk. Instrumen penelitian ini adalah format penilaian ahli materi ahli media dan calon pengguna. Analisis data menggunakan analisis Descriptive dan Inter-ratter Agreement. Setelah di nilai oleh para ahli produk direvisi sesuai dengan saran dan kritikan yang disampaikan oleh para ahli dan calon pengguna. Hasil dari analisis data yang didapatkan dari para ahli menunjukkan bahwasanya skor yang didapatkan menunjukkan angka 1 yang berarti produk mendapatkan skor yang sangat kuat. Data uji calon pengguna juga menunjukkan indeks nilai 1 yang artinya produk panduan ini mendapatkan skor sangat kuat. Makna penilaian uji ahli dan calon pengguna produk panduan problem focused coping untuk mereduksi stres akademik mahasiswa dapat diterima dari aspek ketepatan kelayakan kemenarikan dan kegunaan. Saran bagi peneliti selanjutnya produk panduan problem focused coping skil untuk mereduksi stres akademik mahasiswa masih sampai pada tahap akseptibilitas belum diujikan kefektifannya pada kelompok kecil sehingga diharapkan penelitian selanjutnya dapat dilanjutkan sampai tahap diseminasi. Saran bagi konselor adalah diharapkan dapat mempelajari panduan dengan baik khususnya implementasi problem focused coping skill dalam konseling individu pendekatan kognitif perilaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199041

Actions (login required)

View Item View Item