Albab, Justice Afifah Ulul Albab (2021) Profil tingkat stres akademik mahasiswa fakultas ilmu pendidikan dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19 di universitas negeri malang / Justice Afifah Ulul Albab. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat stres akademik mahasiswa FIP dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19 di UM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan rancangan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi S1 FIP UM angkatan 2020 sejumlah 1189 mahasiswa. Sampel diperoleh sebanyak 311 mahasiswa melalui teknik proportional cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala stres akademik. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan mahasiswa FIP UM angkatan 2020 mengalami stres akademik sedang dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19 dengan jumlah 184 mahasiswa (59 2%). Stres akademik mahasiswa FIP cenderung berada pada dimensi pengajar. Artinya mahasiswa FIP mengalami stres akademik yang berkaitan dengan proses pembelajaran daring oleh pengajar selama pandemi covid-19 meliputi materi atau bahan ajar metode pembelajaran dan tugas. Ditinjau dari setiap program studi S1 FIP mahasiswa dengan tingkat stres akademik tinggi berada pada program studi S1 BK dan S1 TEP. Mahasiswa tersebut memerlukan bantuan layanan bimbingan dan konseling secara responsif berupa konseling online agar stres akademik yang dialami tidak berkelanjutan dan semakin parah. Bagi Lembaga P2BK3A hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai tingkat stres akademik mahasiswa FIP dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19 di UM. Bagi Jurusan Bimbingan dan Konseling hasil penelitian ini diharapkan dapat sebagai informasi dan koleksi kajian penelitian mengenai stres akademik mahasiswa S1 BK FIP UM angkatan 2020. Bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi untuk mengembangkan penelitian lebih lanjut mengenai tingkat stres akademik mahasiswa FIP dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19 di UM.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Mar 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/199038 |
Actions (login required)
View Item |