Afthony, Wahyu Nur Afthony (2021) Persepsi siswa terhadap aplikasi media sosial tiktok dalam pembelajaran sejarah di kelas xi madrasah aliyah shirothul fuqoha' gondanglegi kabupaten malang / Wahyu Nur Afthony. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Matapelajaran sejarah adalah salah satu matapelajaran yang membutuhkan improfisasi dan inovasi dari tenaga pendidik. Inovasi ini diperlukan untuk meningkatkan minat belajar siswa terutama ketika pembelajaran dilaksanakan secara online. Tugas yang diberikan terus-menerus selama pembelajaran online menjadikan minat belajar siswa semakin menurun. TikTok merupakan salah satu aplikasi media sosial baru dimana setiap pengguna bisa membuat berbagi video dan berinteraksi secara langsung. TikTok menyajikan aplikasi media sosial dengan menu dan efek untuk mengedit video sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran sejarah. Setiap pengguna aplikasi media sosial TikTok dapat menikmati kemudahan dalam hal berkomunikasi berkreasi dan mengunggah hasil kreasinya sehingga dapat dilihat oleh pengguna lain secara gratis. Banyaknya pengguna dan berbagai macam konten yang ada didalam aplikasi TikTok menimbulkan berbagai persepsi di kalangan masyarakat. Tujuan kajian dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Persepsi Siswa Terhadap aplikasi media sosial TikTok dalam pembelajaran sejarah di kelas XI Madrasah Aliah Shirothul Fuqoha' Gondanglegi Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Mashirothul Fuqoha rsquo Gondanglegi kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi teknik wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data dari Miles dan Huberman dengan model interaktif. Menurut Putra (2012 204) analisis data Miles dan Huberman yakni reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian persepsi siswa terhadap aplikasi TikTok dalam pembelajaran sejarah di kelas XI Madrasah Aliah Shirothul Fuqoha' Gondanglegi Kabupaten Malang diperoleh simpulan hasil penelitian berupa persepsi positif yang terbentuk dari ketertarikan siswa dan efektifitas aplikasi TikTok dalam pembelajaran sejarah secara online. Kemudia persepsi negatif dimana didalam aplikasi TikTok terdapat konten-konten yang dapat mengganggu konsentrasi siswa dalam pembelajaran online. Serta persepsi netral yang mana siswa merasa menggunakan media sosaial TikTok dengan tidak sama saja karna siswa masih harus membaca materi dalam proses pembelajaran sejarah. Dari persepsi positif negatif dan netral terdapat faktor yang memengaruhi persepsi yaitu secara internal dan eksternal dari individu penggunanya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Apr 2021 04:29 |
Last Modified: | 15 May 2023 03:50 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198880 |
Actions (login required)
View Item |