Pengembangan media interaktif berbasis mobiroller tentang candi sirah kencong untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas x mipa 1 dan x mipa 2 sma negeri 1 garum blitar / Elma Febriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media interaktif berbasis mobiroller tentang candi sirah kencong untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas x mipa 1 dan x mipa 2 sma negeri 1 garum blitar / Elma Febriani

Febriani, Elma Febriani (2021) Pengembangan media interaktif berbasis mobiroller tentang candi sirah kencong untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas x mipa 1 dan x mipa 2 sma negeri 1 garum blitar / Elma Febriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen terpenting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMA Negeri 1 Garum diketahui bahwa terdapat sebuah kendala dalam pembelajaran yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran. Media yang digunakan seringkali hanya PowerPoint. Hal tersebut membuat minat peserta didik dalam belajar sejarah termasuk dalam kategori rendah. Untuk mengatasi hal itu perlu adanya inovasi media pembelajaran baru yang membangun. Berdasarkan temuan tersebut peneliti kemudian melakukan penelitian yang bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik yaitu aplikasi berbasis mobiroller tentang Candi Sirah Kencong. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji tingkat validitas produk keefektifan produk dan minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R amp D) dengan model penelitian ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahap yang meliputi analyze design develope implement dan evaluate. Pada tahap analisis peneliti melakukan analisis kebutuhan yang meliputi kompetensi materi dan peserta didik. Pada tahap desain peneliti merancang RPP dan membuat storyboard produk. Pada tahap pengembangan peneliti menyiapkan materi soal evaluasi dan prototype. Pada tahap implementasi peneliti melakukan uji coba produk di kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMA Negeri 1 Garum. Tahap evaluasi dilakukan oleh peneliti secara bertahap demi sempurnanya produk. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan secara daring. Hal tersebut karena terkendala pandemi Covid-19 sehingga tidak memungkinkan peneliti untuk mengambil data di lapangan. Berdasarkan hasil validasi materi aplikasi berbasis mobiroller tentang Candi Sirah Kencong mendapat skor 95% dan validasi media 90%. Hasil uji keefektifan dari kelompok kecil sebesar 89 91% dan kelompok besar sebesar 91 07% berada dalam kategori sangat efektif. Kemudian hasil peningkatan minat belajar kelompok kecil dari 69 44% (kategori sedang) menjadi 85 27% (kategori tinggi). Hasil peningkatan minat belajar kelompok besar 71 57% (kategori sedang) menjadi 88 14% (kategori tinggi). Perubahan tingkat minat tersebut disebabkan oleh penggunaan aplikasi berbasis mobiroller dalam pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi berbasis mobiroller layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198827

Actions (login required)

View Item View Item