Multimedia podcast dalam pembelajaran inkuiri: mengembangkan kesadaran dan sikap peduli lingkungan siswa / Risa Amalia Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Multimedia podcast dalam pembelajaran inkuiri: mengembangkan kesadaran dan sikap peduli lingkungan siswa / Risa Amalia Kurniawati

Kurniawati, Risa Amalia Kurniawati (2021) Multimedia podcast dalam pembelajaran inkuiri: mengembangkan kesadaran dan sikap peduli lingkungan siswa / Risa Amalia Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuri dengan bantuan media pembelajaran podcast dalam meningkatkan kesadaran dan sikap peduli terhadap lingkungan bagi siswa geografi. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan aktivitas siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan bantuan media podcast dan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen. Pengambilan data menggunakan instrument kesadaran dan sikap peduli lingkungan pada pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kontrol. Populasi yang digunakan adalah siswa SMA Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi tahun ajaran 2020/2021 program ilmu-ilmu sosial. Kelompok eksperimen berasal dari kelas XI IPS 1 dan kelompok kontrol berasal dari kelas XI IPS 2 berjumlah 60 peserta. Data dianalisis menggunakan ANCOVA dengan software SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran inkuiri dengan bantuan media podcast berpengaruh signifikan terhadap perubahan kesadaran dan sikap peduli lingkungan pada siswa geografi. Aktivitas siswa pada kelas eksperimen lebih aktif dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198814

Actions (login required)

View Item View Item