Martvianti, Dyan Nurvita Martvianti (2021) Kinerja perangkat pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat di desa balerejo kecamatan kauman kabupaten tulungagung jawa timur / DYAN NURVITA MARTVIANTI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini didasarkan atas perlunya kinerja yang baik dalam meningkatkan kualitas pelayanan birokrasi oleh perangkat desa terhadap masyarakat desa secara umum. Desa merupakan sebuah organisasi yang memberikan pelayanan terhadap masyarakat dan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Perangkat desa adalah bagian dari perangkat yang membantu kepala desa menyusun dan mengkoordinasikan kebijakan yang ditempatkan di sekretariat desa dan jasa penunjang fungsional kepala desa dalam pelaksanaan kebijakan ditempatkan dalam bentuk nyata. Sedangkan pelayanan masyarakat merupakan kegiatan pemenuhan kebutuhan masyarakat sesuai dengan undang - undang atau peraturan yang berlaku baik secara individu atau umum termasuk pendidikan kesehatan dan lain-lain. Oleh karena itu penelitian dengan judul Kinerja Perangkat Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat di Desa Balerejo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung Jawa Timur bertujuan untuk mendeskriptifkan kinerja pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat di Desa Balerejo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di Kantor Kepala Desa Balerejo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepada perangkat desa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Data analisis menggunakan model data studi kasus. Adapun keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas kinerja pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat di Desa Balerejo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung memiliki konsep kinerja yang baik meliputi (1) program kerja perangkat pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat yaitu program pelayanan satu hari jadi program pelayanan gratis dan program pelayanan cepat tanggap (2) Pelaksanaan program pelayanan administrasi perangkat pemerintah desa kepada masyarakat berjalan dengan baik pada program pihak masyarakat mengurus segala kebutuhan administrasi kepada petugas dengan waktu pengerjaan kurang dari satu hari seluruh kegiatan administrasi diberikan secara gratis dan tidak dipungut biaya apapun kecuali fotocopy persyaratan kepengurusan berkas masyarakat dapat menerima pelayanan dari pihak desa secara menyeluruh selama 24 jam dengan syarat keperluan yang diurus oleh masyarakat sangat mendesak. (3) Hambatan-hambatan yang muncul dalam pelaksanaan pelayanan masyarakat meliputi adanya ketidaksinkronan data dalam sistem dan data berkas yang dimiliki oleh perangkat desa adanya pemahaman masyarakat yang kurang terhadap alur atau mekanisme serta persyaratan yang telah ditetapkan oleh desa serta kurangnya penyebaran informasi secara menyeluruh oleh pihak desa kepada masyarakat sehingga mengakibatkan hambatan kedua yaitu kurangnya pemahaman masyarakat terhadap sistem serta mekanisme pelayanan masyarakat dan serta perangkat desa belum sepenuhnya menguasai IT (4) upaya ndash upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan hambatan - hambatan dalam pelaksanaan program kerja perangkat pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat berupa pemutahiran data atau pembaharuan data melaksanakan sosialisasi terkait administrasi kependudukan kepada masyarakat desa oleh perangkat desa yang bertugas memaksimalkan media sosial milik desa yang kemudian dikembangkan dan digunakan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat desa serta pengadaan BIMTEK. Pemerintah Desa Balerejo semakin inovatif menciptakan program - program baru yang kedepannya dapat bersama-sama dengan masyarakat memajukan kesejahteraan di kalangan Desa Balerejo. Dalam pelaksanaan pelayanan administrasi Desa Balerejo Kecamatan Kauman pemerintah desa inovatif harus lebih memahami situasi yang kini tengah terjadi di masyarakat dan kemudian dapat diterapkan dalam setiap pelaksanaannya. Karena hambatan atau kendala yang muncul bukan hanya dari faktor internal yakni perangkat desa juga muncul dari faktor eksternal yakni masyarakat secara umum. Upaya pemerintah desa yang telah dituangkan dalam bentuk program baru atau pemanfaatan atau pemberdayaan media baru haruslah disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198656 |
Actions (login required)
View Item |