Hasanah, Nurul Hasanah (2021) Hubungan motivasi dan disiplin belajar daring dengan indeks prestasi mahasiswa pendidikan tata busana universitas negeri malang / NURUL HASANAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan Surat Keppres No. 11 Tahun 2020 mengenai penanggulangan Covid-19 di Indonesia masyarakat diharuskan bekerja belajar hingga beribadah di rumah. Kini selama pandemic mahasiswa diharuskan belajar daring Tentunya hal ini berkaitan dengan mutu keberhasilan belajar. Faktor internal yang diyakini memiliki kontribusi terhadap prestasi belajar pada penelitian ini adalah motivasi dan disiplin. Adapun tujuan penelitian ini menguji hubungan motivasi dan disiplin belajar selama daring dengan indeks prestasi mahasiswa. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif korelasional mengaplikasikan variabel motivasi (X1) disiplin (X2) serta indeks prestasi (Y). Pengumpulan sekunder menggunakan penyebaran angket melalui google form kepada 126 responden mahasiswa Pendidikan Tata Busana angkatan 2018 2019 dan 2020. Sedangkan data primer diperoleh melalui permintaan data KHS semester Gasal 2020/2021 dari Biro BAKPIK. Penelitian ini melakukan analisis korelasi sederhana dan korelasi berganda dengan pertolongan IBM Statistics SPSS 25.0. Hasil analisis penelitian ini mengungkapkan Pertama hasil uji hubungan antara motivasi dengan indeks prestasi mendapatkan nilai rhitung 0 121 lebih kecil dari nilai rtabel 0 176. Kedua hasil menguji hubungan antara disiplin dengan indeks prestasi menghasilkan nilai rhitung 0 096 lebih kecil dari nilai rtabel 0 176. Selanjutnya uji korelasi berganda antara motivasi dan disiplin belajar daring dengan indeks prestasi mahasiswa memperoleh besaran angka rhitung 0 121 lebih kecil dari angka rtabel 0 176. Simpulan dari penelitian ini memuat (1) Motivasi dan Indeks Prestasi tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai koefisien masuk dalam kelas interval sangat lemah (2) Disiplin dan Indeks Prestasi tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat hubungan antar variabel masuk interval sangat lemah (3) Motivasi dan Disiplin secara bersamaan tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan Indeks Prestasi nilai koefisien tingkat hubungan antar variabel masuk dalam kategori sangat lemah. Saran yang diajukan adalah (a) bagi lembaga diharapkan selalu meningkatkan lingkungan yang mendorong terciptanya motivasi dan disiplin belajar mahasiswa yang tinggi (b) bagi peneliti mengembangkan penelitian lainnya yang dapat digunakan sebagai acuan pengembangan ilmu pendidikan di masa yang akan datang (c) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambahkan referensi variabel lainnya di luar penelitian ini sehingga nanti akan lebih banyak permasalahan yang bermanfaat dapat diungkap.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198531 |
Actions (login required)
View Item |