Krisbianto, Mochamad Arif Krisbianto (2021) Pengembangan interactive mobile learning pada mata pelajaran pemrograman dasar sebagai upaya meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas x program keahlian multimedia dengan sistem monitoring / Mochamad Arif Krisbianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemrograman dasar merupakan salah satu mata pelajaran yang ada saat memasuki kelas X tingkat Sekolah Menengah Kejuruan bidang keahlian TIK. Hasil observasi oleh peneliti di SMKN 7 Malang ditemukan bahwa pemrograman dasar adalah mata pelajaran dengan materi yang sangat kompleks dan abstrak sehingga dibutuhkan kerja keras untuk menciptakan logika yang diterapkan ke bahasa pemrograman alokasi waktu yang ada dirasa masih terbatas metode dan media yang digunakan oleh guru bersifat verbal dan pemanfaatan piranti mobile belum digunakan secara optimal. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) merancang produk berbentuk media pembelajaran interaktif berbasis mobile learning dengan sistem monitoring (2) membuat produk berbentuk media pembelajaran interaktif berbasis mobile learning dengan sistem monitoring (3) menguji kelayakan media pembelajaran (4) mengukur tingkat pemahaman belajar siswa dari penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan. Pengembangan media ini berpijak pada model ADDIE yang terdiri dari analysis design development implementation dan evaluation. Subjek uji produk dalam penelitian ini melibatkan ahli materi ahli media dan pengguna. Kompetensi dasar yang terdapat dalam media pembelajaran ini meliputi KD 3.5 (operator aritmatika dan logika) KD 3.6 (struktur kontrol percabangan) dan KD 3.7 (struktur kontrol perulangan). Pemilihan ketiga kompetensi dasar tersebut disebabkan karena termasuk dalam materi yang fundamental sulit dijelaskan dengan hanya menggunakan metode verbal. Terlebih terdapat kendala keterbatasan waktu dalam mengajar. Sehingga diperlukan media mobile yang dapat diputar berulang-ulang oleh siswa. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) menghasilkan produk media pembelajaran dengan berdasarkan hasil pada tahap analisis (2) menghasilkan produk media pembelajaran berbasis mobile learning dengan nama esicoding (3) aplikasi esicoding dinyatakan sangat layak dan valid digunakan sebagai media pembelajaran ditinjau dari rerata skor kevalidan sebesar 100% dari ahli media 100% dari ahli materi 1 97 2% dari ahli materi 2 92 1% dari uji coba kelompok kecil dan 92 6% dari uji coba kelompok besar (4) pemahaman siswa mengalami peningkatan dibuktikan melalui persentase yang didapatkan dari uji respon siswa dengan skor awal 41% menjadi 92 1% dengan kategori Tahu Konsep (TK). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan diakui layak digunakan dan sudah sesuai dengan kebutuhan dari permasalahan yang ada yakni dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam kegiatan pembelajaran di SMKN 7 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198386 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |