Apriliasari, Dewi Apriliasari (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran sistem komputer dengan model project based learning untuk mengetahui minat belajar siswa kelas x tkj di smk malang / Dewi Apriliasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kegiatan pembelajaran yang mengandalkan guru sebagai sumber informasipada kegiatan belajar mengajar membuat siswa kurang menerima materi pelajaran maka perlu bantuan media yang dapat memvisualisasikan materi agar siswa lebihmudah memahami dan membangkitkan minat dalam mempelajari materipelajaran. Dimana media pembelajaran sendiri merupakan faktor pendukungdalam penyampaian informasi oleh guru untuk siswa untuk mewujudkan tujuanpembelajaran. Dengan begitu perlu adanya pengembangan media berbasis webpada mata pelajaran Sistem Komputer yang menerapkan Pjbl. Dimana denganadanya pengembangan media dapat mempermudah guru dalam proses belajarmengajar meningkatkan kemandirian dan mengetahui minat belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan media berbasis web danmenguji kelayakannya pada mata pelajaran Sistem Komputer sertamendeskripsikan tingkat minat siswa ketika menerapkan pembelajaran denganmedia berbasis web. Media pembelajaran ini disusun sesuai dengan tahapan modelproject based learning yang berisikan tiga cakupan materi yaitu sistem bilangan logika dasar dan operasi logika aritmatika serta terdapat fitur pengumpulan tugasproyek.Pengembangan menerapkan model ADDIE dengan lima langkah tahapan (1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi (5) Evaluasi. Ujikelayakan dilakukan oleh siswa kelas X program keahlian Teknik Komputer danJaringan SMKN 2 Malang yang sedang atau sudah menempuh mata pelajaranSistem Komputer.Berdasarkan dari hasil uji validator ahli materi mendapatkan hasil 97 33 % kemudian berdasarkan hasil uji validator ahli media mendapatkan hasil 89 09 %.Selanjutnya pengujian skala kecil mendapatkan hasil dengan persentase respondensebesar 85 86 % kemudian pada tahap pengujian skala besar mendapatkan hasil92 29 %. Kemudian untuk minat belajar siswa siswa setelah dilakukanpembelajaran dengan bantuan media pembelajaran ESKOM masuk dalam kriteriaminat belajar tinggi dengan rata-rata sebesar 90 29%. Berdasarkan dari ujikelayakan media pembelajaran dikatakan layak untuk digunakan dan minatbelajar meningkat setelah menggunakan media.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198335 |
Actions (login required)
View Item |