Pirenaningtyas, Fitria Dewi (2021) Pengembangan media pembelajaran (e-racom) berbasis project based learning pada mata pelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak kelas xii jurusan rekayasa perangkat lunak / Fitria Dewi Pirenaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Masa pandemi covid-19 saat ini segala proses dari kegiatan yang sebelumnya berjalan dengan lancer menjadi terkendala. Bahkan untuk kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan di sekolah tidak bisa berjalan seperti biasa. Siswa dan guru dituntut untuk melakukan pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Hal ini disebabkan untuk memutus rantai penyebaran virus corona (coronavirus) yang terjadi di berbagai belahan dunia bahkan di Indonesia. Pembelajaran daring yang dilakukan saat ini sebagian besar menggunakan e-learning. Dari hasil observasi yang dilakukan sebelumnya SMK Negeri 12 Malang memanfaatkan e-learning yang disediakan oleh sekolah berupa moodle untuk kegiatan pembelajarannya. Penggunaan e-learning ini dilakukan guna untuk kegiatan pembelajaran daring di SMK Negeri 12 Malang bisa berjalan dengan baik dan lancar. Pengguna e-learning yang disediakan sekolah ini digunakan secara menyeluruh baik digunakan oleh guru maupun oleh siswa. Pada mata pelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak metode pembelajaran yang ada saat ini dinilai kurang sesuai dengan keadaan guru maupun siswa pembelajaran yang diberikan harusnya memiliki banyak pembelajaran berbentuk praktikum tetapi karena keterbatasan yang ada maka pembelajaran hanya mengandalkan materi dengan bentuk jobsheet kemudian di upload pada e-learning materi yang disajikan memang sudah ada tetapi media pembelajaran lain yang dapat menunjang belajar siswa terbilang kurang dan hal ini dapat membuat siswa akhirnya mencari refrensi untuk penunjang belajar lainnya di internet. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut penulis mengembangkan sebuah media pembelajaran (e-Racom) dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning yang dapat digunakan oleh siswa dengan materi dan kegiatan-kegiatan pembelajaran menarik dan kompleks khususnya pada mata pelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak kelas XII. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang telah dikembangkan oleh penulis. Penulis mengembangkan sebuah media pembelajaran pada mata pelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak khususnya pada KD 3.23 Menerapkan aplikasi web dengan Model View Controller (MVC) 4.23 Membuat aplikasi web menggunakan Model View Controller (MVC) 3.24 Menerapkan Teknologi Framework dalam Aplikasi Web 4.24 Membuat aplikasi web menggunakan teknologi framework 3.25 Memahami teknologi pengembangan aplikasi mobile 4.25 Mempresentasikan teknologi pengembangan aplikasi mobile. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE yang dikemukakan oleh Branch (2009). Subjek uji coba dari penelitian ini meliputi ahli materi ahli media dan juga uji coba kelompok kecil dan besar pada siswa kelas XII RPL 1 dan XII RPL 2 di SMK Negeri 12 Malang. Media Pembelajaran (e-Racom) yang dikembangkan telah melalui validasi dari ahli materi ahli media dan uji coba pada kelompok kecil dan kelompok besar. Dari berbagai hasil validasi dan pengujian media pembelajaran ini mendapat persentase sebesar 87.16% dari ahli materi 92.59% dari ahli media 85.62% uji coba kelompok kecil dan 86.74% uji coba kelompok besar. Hasil persentase yang didapatkan melalui validasi dan uji coba tersebut secara keseluruhan tergolong pada kategori sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pada mata pelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak ini sangat valid dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198328 |
Actions (login required)
View Item |