Anggraeni, Aisya Dian Anggraeni (2021) Pengaruh digital learning terhadap prestasi akademik mahasiswa yang dimediasi oleh kualitas pembelajaran dan kepuasan belajar mahasiswa selama pandemi covid-19 / Aisya Dian Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Anggraeni Aisya Dian. 2021. Pengaruh Digital Learning Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Yang Dimediasi Oleh Kualitas Pembelajaran Dan Kepuasan Belajar Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Nujmatul Laily S.Pd. M.SA Kata Kunci Digital Learning Prestasi Akademik Kualitas Pembelajaran Kepuasan Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak pembelajaran digital terhadap kinerja akademik siswa melalui kualitas pembelajaran dan kepuasan belajar siswa selama masa pandemi Covid-19. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang tahun 2018 2019 dan 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatori dengan menggunakan SPSS untuk analisis jalur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Skala yang digunakan adalah skala likert dengan empat pilihan jawaban. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui Google Form. Uji kelayakan alat yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan SPSS untuk analisis jalur. Sebelum analisis jalur digunakan dua hipotesis klasik yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada masa pandemi Covid-19 pembelajaran digital berdampak positif terhadap kualitas pembelajaran (2) pada masa pandemi Covid-19 pembelajaran digital berdampak positif terhadap kepuasan belajar mahasiswa (3) selama pandemi Covid-19 pembelajaran digital berdampak positif pada kinerja akademik mahasiswa.(4) Selama pandemi Covid-19 kualitas pembelajaran berdampak positif pada kinerja akademik mahasiswa.( 5) Pada masa pandemi Covid-19 kepuasan belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa (6) Pada masa pandemi Covid-19 pembelajaran digital tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa dan kepuasan belajar yang dimediasi oleh pembelajaran kualitas. Keterbatasan penelitian ini adalah pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan kuesioner sehingga objektivitas responden adalah satu-satunya validitas yang dapat diandalkan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan nilai R-squared atau koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran digital dengan kualitas pembelajaran dan kepuasan belajar siswa sebagai perantara terhadap kinerja akademik siswa hanya dapat menjelaskan 64 7% yaitu informasi yang terkandung dalam data penelitian sedangkan sisanya 35 3% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 04:29 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 03:05 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198174 |
Actions (login required)
View Item |