Pengembangan sistem inventarisasi barang berbasis website sebagai media pembelajaran materi inventarisasi sarana dan prasarana untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sarana dan prasarana (studi pada siswa kelas xii otkp smk muhammadiyah 5 kepanjen kabupaten malang) / Umma Nur Fadhillatul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sistem inventarisasi barang berbasis website sebagai media pembelajaran materi inventarisasi sarana dan prasarana untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sarana dan prasarana (studi pada siswa kelas xii otkp smk muhammadiyah 5 kepanjen kabupaten malang) / Umma Nur Fadhillatul Jannah

Jannah, Umma Nur Fadhillatul (2021) Pengembangan sistem inventarisasi barang berbasis website sebagai media pembelajaran materi inventarisasi sarana dan prasarana untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sarana dan prasarana (studi pada siswa kelas xii otkp smk muhammadiyah 5 kepanjen kabupaten malang) / Umma Nur Fadhillatul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan di masa pandemi menjadi terhambat karena adanya protokol kesehatan yang menghimbau proses pembelajaran luring dialihkan menjadi pembelajaran daring. Salah satu cara mengatasi hal tersebut dengan menggunakan media pembelajaran berbasis website sebagai inovasi yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Berdasarkan hasil wawancara di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring yangmana siswa hanya mendapatkan teori tanpa adanya praktikum akhibatnya hasil belajar siswa pada saat pembelajaran daring tidak mencapai kriteria ketuntasan (KKM) sebesar 75%. Adanya media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan sebuah sistem inventarisasi barang sebagai media pembelajaran yang berbasis website pada mata pelajaran sarana dan prasarana materi inventarisasi sarana dan prasarana (2) mengetahui kelayakan sistem inventarisasi barang sebagai media pembelajaran yang dikembangkan melalui validasi ahli materi dan ahli media (3) mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan dan peserta didik yang tidak menggunakan sistem inventarisasi barang sebagai media pembelajaran. Penelitian dan Pengembangan ini menggunakan model penelitian pengembangan R amp D dengan menggunakan sembilan langkah penelitian yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) Produk Akhir. Produk yang dihasilkan telah divalidasi oleh dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Validasi ahli materi dilakukan oleh Ibu Sri Wijayantiningsih S.Pd. yang merupakan guru mata pelajaran sarana dan prasarana di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dan validasi ahli media dilakukan oleh Bapak Andi Basuki S.Pd. M.Pd. selaku dosen Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang yang berkompeten dalam bidang media pembelajaran. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu 6 siswa kelas XII OTKP SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen sebagai validator pengguna dan subjek uji coba pengguna dalam uji coba kelompok besar terdiri dari 17 siswa kelas XII OTKP 1 dan 23 siswa kelas XII OTKP 2. Data yang didapatkan berupa data kuantitatif dengan perhitungan skor angket validasi dan hasil belajar psikomotorik kemudian data kualitatif diperoleh dari wawancara kritik dan saran ahli media ahli materi dan subjek uji coba kelompok kecil. Berdasarkan data yang didapatkan analisa data yang digunakan yaitu analisa data kuantitatif presentatif dan analisa data kualitatif deskriptif. Produk yang dikembangkan berupa sistem inventarisasi barang dengan nama INVEN ITEM sebagai media pembelajaran berbasis website yang telah dilengkapi dengan buku panduan penggunaan. Produk ini dapat dengan mudah digunakan siswa dalam melakukan kegiatan praktikum pada saat pembelajaran daring karena produk dapat diakses menggunakan laptop komputer ataupun smartphone dengan memiliki berbagai menu buku inventarisasi barang yang dilengkai fitur cetak sebagai output dokumen inventarisasi. Selain itu hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran sudah sesuai dengan kegunaannya untuk melakukan kegiatan inventarisasi sarana dan prasarana. Hal tersebut sesuai dengan hasil angket validari ahli materi yang diperoleh dengan nilai 93 33% ahli media diperoleh dengan nilai 92 94% dan dari subjek uji coba kelompok kecil diperoleh nilai 91 12% dengan hasil tersebut maka sistem INVEN ITEM sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Dilihat dari perbedaan hasil belajar siswa pada ranah psikomotorik didapatkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 75% dan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 90 11%. Kemudian pada penelitian ini dilakukan uji normalitas dan uji independent sample t-test yang diperoleh hasil bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai signifkansi yaitu 0 510 untuk kelas kontrol dan 0 339 untuk kelas eksperimen yang berarti hasil tersebut gt 0 05 berdistribusi normal. Uji Independent Sample t-Test diketahui bahwa nilai Sig Levene rsquo s Test for Equality of Variances yaitu sebesar 0 334 gt 0 05 yang berarti varian dari kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sama dan pada nilai Equal variances assumed dengan diketahui nilai sig.(2-tailed) sebesar 0 000 lt 0 05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima maka berdasarkan hipotesis dugaan sementara dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan (nyata) antara rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol Saran yang diberikan untuk pemanfaatan produk sebelum mengoprasikan sistem hendaknya pengguna membaca terlebih dahulu buku panduan yang disediakan. Selain itu media pembeljaaran sistem inventarisasi barang ini dapat digunakan sebagai rujuakan dalam melakukan praktik inventarisasi. Dan untuk pengembang selanjutnya hendaknya lebih meningkatkan kualitas fitur sebagai bentuk memaksimalkan sistem sebagai media pembelajaran inventarisasi sarana dan prasrana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198160

Actions (login required)

View Item View Item