Sabatini, Anindita Milenia Sabatini (2021) Pengembangan media pembelajaran elektronik berbasis powerpoint interaktif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran teknologi perkantoran pada smk kelas x otkp smk muhammadyah 5 kepanjen kabupaten malang / Anindita Milenia Sabatini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstract Pendidikan memegang peran penting dalam kehidupan manusia untuk melanjutkan kehidupan dengan segala perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada. Kegiatan pendidikan dilakukan oleh seorang pendidik kepada peserta didik yang semula tidak mengerti menjadi mengerti serta mengantarkan peseta didik tersebut kepada tujuan atau cita-cita yang diinginkan. Penelitian dan pengembangan Powerpoint Interaktif dikembangan guna memenuhi kebutuhan pembelajaran elektronik agar dapat mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki pengaruh yang sangat besar dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk Mengembangkan media pembelajaran elektronik berbasis Powerpoint interaktif pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran di kelas X OTKP mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran melalui validasi ahli materi dan ahli media mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media dengan peserta didik yang tidak menggunakan media pada kelas X OTKP. Hasil akhir dari penelitian ini berupa media pembelajaran elektronik berbasis Powerpoint Interaktif yang diperuntukkan pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran kompetensi dasar 3.10 Mengelola Informasi Melalui Web Log. Media ini dapat diakses secara offline dan dapat di akses menggunakan laptop maupun di Handphone. Hasil validasi menunjukkan ldquo sangat valid rdquo hal ini berdasarkan oleh hasil penilaian validasi ahli media yang diperoleh nilai sebesar 98% validasi ahli materi diperoleh nilai sebesar 99% dan uji coba kelompok kecil diperoleh nilai sebesar 89% dan hasil analisis hasil belajar peserta didik melalui uji Independent t-test menunjukkan perolehan sig. (2.-tailed) sebesar 0 008 lt 0 05 maka H0 ditolak. Yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah. Saran yang diberikan untuk pengembangan produk selanjutnya adalah diharapkan pengembangan untuk kompetensi dasar dan mata pelajaran yang lainnya dapat mengembangkan desain dan fungsi-fungsi lain yang lebih menarik. Keywords E ndash Learning Powerpoint Interaktif Hasil Belajar Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198159 |
Actions (login required)
View Item |