Gusti, Yekti Rahayuning (2021) Pengembangan inventory application (IA) berbasis website sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana untuk peningkatan keterampilan peserta didik / Yekti Rahayuning Gusti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pandemi Covid-19 mempengaruhi keberlangsungan kehidupan manusia termasuk pelaksanaan pendidikan dimana diterapkan pembelajaran jarak jauh sehingga membutuhkan perangkat pembelajaran yang memadai diantaranya media pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran OTKSP yakni kini kegiatan praktikum tidak dapat dilaksanakan khususnya inventarisasi sarana dan prasarana. Disisi lain dunia kerja membutuhkan tenaga kerja mahir pengoperasian komputer sehingga mewajibkan pihak SMK memberikan bekal keahlian salah satunya inventarisasi secara digital. Media pembelajaran yang dikembangkan peneliti diharapkan siswa dapat berlatih praktik secara mandiri dan mendapatkan bekal keahlian komputer. Penelitian dan pengembangan bertujuan (1) menghasilkan Inventory Application (IA) berbasis website sebagai media praktikum pada mata pelajaran OTKSP (2) mengetahui kelayakan Inventory Application (IA) berbasis website melalui validasi ahli materi dan ahli media (3) mengetahui perbedaan keterampilan psikomotorik siswa menggunakan Inventory Application (IA) dengan tidak menggunakan pada praktik inventarisasi sarana dan prasarana. Jenis penelitian dan pengembangan menggunakan rancangan Borg amp Gall yang dimodifikasi menjadi tujuh tahap. Produk telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Subjek penelitian terdiri dari ahli media ahli materi uji coba kelompok kecil serta uji coba kelompok besar. Data berupa data kuantitatif dan kualitatif dimana berisi angket validasi angket kelompok kecil dan nilai hasil tes psikomotorik. Sementara itu teknik analisis data menggunakan analisis persentase deskriptif kualitatif dan analisis kompetensi psikomotorik siswa dengan mmenggunakan uji normalitas dan uji independent sample t-Test. Pengembangan produk berupa media pembelajaran inventarisasi sarana dan prasarana berbasis website bernama Inventory Application (IA) dilengkapi buku panduan penggunaan. Keunikan produk terdapat ldquo Menu Hasil Simulasi rdquo di akun siswa terhubung dengan akun guru sehingga tidak perlu mengirim hasil pengerjaan simulasinya. Selain itu terdapat petunjuk suara kegunaan menu-menu pada ldquo Menu Dashboard rdquo . Berdasarkan hasil penilaian angket ahli materi dan ahli media menyatakan bahwa aplikasi tersebut sangat layak pakai. Selain itu dinyatakan sebagai aplikasi yang sesuai kebutuhan tujuan pembelajaran kemudahan pengoperasian dan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di SMK. Ditinjau dari ada tidaknya perbedaan tingkat hasil psikomotorik siswa diketahui bahwa terdapat perbedaan nilai psikomotorik antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dimana kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata psikomotorik lebih tinggi. Disimpulkan bahwa Inventory Application (IA) berbasis website layak dipakai dan terdapat perbedaan nilai psikomotorik siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Saran yang dapat diberikan untuk pemanfaatan produk ini sebaiknya pengoperasian aplikasi didampingi guru tetapi tetap memberikan kebebasan siswa dalam kegiatan praktikum. Selain itu diharapkan kedepannya dapat digunakan sebagai rujukan. Saran untuk pengembangan produk selanjutnya IA berbasis website dibuat khusus untuk inventaris sarana dan prasarana pendidikan saja diharapkan pengembangan media pembelajaran selanjutnya dapat diperluas dengan menambah beberapa menu terkait barang-barang perusahaan atau lembaga lainnya. Segi desain dirancang lebih menarik agar media pembelajaran yang dihasilkan lebih menarik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198151 |
Actions (login required)
View Item |