Pengembangan e-learning berbasis moodle pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan guna meningkatkan kemandirian belajar dan mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh / Muhammad Rezky Febrian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-learning berbasis moodle pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan guna meningkatkan kemandirian belajar dan mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh / Muhammad Rezky Febrian

Febrian, Muhammad Rezky (2021) Pengembangan e-learning berbasis moodle pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan guna meningkatkan kemandirian belajar dan mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh / Muhammad Rezky Febrian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Febrian Muhammad Rezky. 2021 Pengembangan E-Learning berbasis Moodle pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan guna Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Mendukung Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra M.Si Kata Kunci E-Learning Moodle Kemandirian Belajar Pembelajaran Jarak Jauh Humas dan Keprotokolan. E-Learning merupakan media pembelajaran berbasis internet yang dapat digunakan guru dan siswa untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Pembelajaran berbasis e-learning merupakan pendidikan jarak jauh yang dilakukan melalui media internet. E-learning memungkinkan akses ke sumber belajar lebih terbuka dan efisien serta tidak mengenal tempat dan waktu sehingga guru dan siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran walaupun tidak didalam lingkungan sekolah maka dari itu merupakan suatu tantangan bagi tenaga pendidik untuk menciptakan E-Learning yang efektif yang mudah dipelajari oleh siswa. Berdasarkan hasil observasi di SMK 2 Muhammadiyah Malang pada salah satu guru mata pelajaran otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan diketahui bahwa dalam proses pembelajaran jarak jauh otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan saat ini belum mengusung media berupa e-learning. Kegiatan pembelajaran hanya dilakukan dalam kelas dan ketika pembelajaran jarak jauh hanya mengandalkan media seperti whatsapp google classroom zoom tanpa adanya e-learning dari sekolah mengingat kondisi dunia sedang dilanda virus COVID-19 yang mengharuskan sekolah melakukan pembelajaran jarak jauh tanpa adanya tatap muka secara langsung didalam kelas sehingga dibutuhkannya e-learning yang memudahkan siswa dalam pembelajaran jarak jauh yang diharapkan dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini dilakukan guna (1) menghasilkan produk media pembelajaran e-learning berbasis moodle (2) Mengetahui kelayakan e-learning berbasis moodle pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan SMK 2 Muhammadiyah Malang (3) Mengetahui kemandirian belajar dan respon siswa terhadap media e-learning berbasis moodle pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan SMK 2 Muhammadiyah Malang. Jenis penelitian dan pengembangan (R amp D) yang digunakan adalah model Borg amp Gall. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan (R amp D) disesuaikan dengan kebutuhan penelitian terdiri dari 8 tahapan. Validasi dilakukan oleh dua validator yaitu ahli materi dan ahli media. Uji coba produk dilakukan pada 12 orang siswa dalam 1 kelas secara menyeluruh. Data berupa kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui perbedaan tingkat dan kemandirian belajar siswa. Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran e-learning berbasis moodle yang dilengkapi dengan instruksi petunjuk penggunaan media. Produk yang dikembangkan memiliki fitur/menu seperti activities (aktifitas) yang meliputi assignment file feedback quiz dan resource (bahan ajar) yang meliputi materi berupa format document pdf link mp4. Hasil validasi ahli materi menunjukkan kategori valid begitu juga dengan ahli media menunjukkan kategori valid sehingga media pembelajaran e-learning berbasis moodle layak digunakan pada proses pembelajaran. Saran yang diberikan untuk pemanfaatan produk berupa media pembelajaran e-learning berbasis moodle ini adalah hendaknya siswa maupun guru mempelajari serta memahami terlebih dahulu mengenai produk ini melalui instruksi petunjuk pemakaian media dan untuk pengembang selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan media pembelajaran yang lebih kreatif dalam desainnya serta fitur fiturnya yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198149

Actions (login required)

View Item View Item