Nugraheni, Maysara Kusuma (2021) Pengembangan media pembelajaran aplikasi mesin kantor berbasis android untuk meningkatkan kemandirian peserta didik OTKP SMK N 1 Turen Malang / Maysara Kusuma Nugraheni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran merupakan sebuah proses atau cara antara guru dengan peserta didik pada suatu kondisi belajar tententu. Di dalam proses pembelajaran terdapat komponen-komponen tertentu yang harus dikuasai oleh pendidik agar mencapai tujuan yang diharapkan pada proses pembelajaran tersebut. Dalam kondisi saat ini yang sedang terjadi pandemi covid-19 guru maupun peserta didik harus lebih kreatif dan lebih menguasai teknologi yang ada yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan media pembelajaran Aplikasi Mesin Kantor berbasis android kelas XI OTKP SMKN 1 Turen (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Aplikasi Mesin Kantor berbasis android melalui validasi ahli materi dan ahli media (3) Mengetahui efektivitas produk uji beda kemandirian peserta didik yang menggunakan Aplikasi Mesin Kantor berbasis android dengan peserta didik yang tidak mengunakan Aplikasi Mesin Kantor berbasis android. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Research and Development (R amp D) yang dilakukan oleh Borg amp Gall dimodifikasi oleh peneliti yang terdiri dari 8 langkah yaitu (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain Produk (5) Revisi Desain Produk (6) Uji Coba Pemakaian (7) Revisi Produk (8) Produk Akhir. Subjek uji coba adalah siswa SMK Negeri 1 Turen Kelas XI OTKP 2 dan Kelas XI OTKP 3 yang sedang menempuh mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari kritik dan saran melalui wawancara dan kuisioner. Data kuantitatif didapatkan dari hasil instrumen validasi ahli media validasi ahli materi instrumen penilaian peserta didik. Hasil Penelitian dan Pengembangan ini adalah Aplikasi Mesin Kantor bernama ldquo AMINO rdquo yang dibuat dengan software I-Spring dan mengemas materi pada KD 3.5 Menerapkan penggunaan mesin-mesin kantor (Office Machine) secara menarik yang dapat digunakan pada smartphone android secara offline maupun online sehingga peserta didik bisa mengakses aplikasi kapanpun dan dimanapun. Selain itu Aplikasi Mesin Kantor ini didesain secara menarik dengan kombinasi warna yang sesuai agar pengguna tidak mudah bosan saat mengoperasikannya. Hasil validasi ahli materi 94 5% ahli media 92% dan 6 siswa uji coba kelompok kecil adalah 92 % lsquo Sangat Valid rsquo sehingga disimpulkan bahwa lsquo AMINO rsquo layak digunakan dalam pembelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Kelas XI OTKP. Sedangkan hasil perbedaan kemandirian menunjukan kemandirian kelas eksperimen 86% lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol 67% sehingga dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar peserta didik terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan AMINO dan yang tidak Menggunakan AMINO. Saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah mengembangkan media pembelajaran pada sistem operasi lainnya seperti iOS dan penyajian materi pada materi-materi lainnya serta pada ukuran file yang lebih kecil.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198140 |
Actions (login required)
View Item |