Mastrin, Annida Dhea Hajar (2021) Upaya peningkatan pemahaman dan identifikasi miskonsepsi yang terjadi pasca pembelajaran dengan model LC 5E-MRCD pada materi kesetimbangan kimia / Annida Dhea Hajar Mastrin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Miskonsepsi merupakan suatu fenomena yang sulit untuk dihilangkan. Meskipun demikian miskonsepsi dapat diminimalkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi Kesetimbangan Kimia dan mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi setelah berlangsungnya pembelajaran menggunakan model Learning Cycle-5E dengan strategi Cognitive Dissonance berbasis Multipel Representasi (LC 5E-MRCD). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi-experimental dan pre test-post test control group. Sampel penelitian yaitu 32 siswa kelas XI MIPA 3 dan 35 siswa kelas XI MIPA 1 di SMAN 2 Malang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Pelaksanaan penelitian meliputi pengerjaan pretes implementasi model pembelajaran LC 5E-MRCD pada kelas eksperimen dan model LC 5E pada kelas kontrol serta pengerjaan postes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif. Analisis data tersebut meliputi uji pendahuluan yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas uji hipotesis yang meliputi analisis statistik non parametris melalui uji Mann-Whitney dan uji N-Gain serta analisis derajat miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pembelajaran berlangsung temuan miskonsepsi di kelas eksperimen (LC 5E-MRCD) menunjukkan angka sebesar 14% pada konsep kesetimbangan 27% pada pergeseran kesetimbangan dan 23% pada tetapan kesetimbangan. Persentase tersebut menunjukkan angka yang lebih rendah dari temuan miskonsepsi di kelas kontrol (LC 5E) yang mencapai angka 27% pada konsep kesetimbangan 34% pada pergeseran kesetimbangan dan 35% pada tetapan kesetimbangan. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis melalui uji N-gain. Hasil uji N-gain menunjukkan skor 0 50 untuk kelas eksperimen dan 0 14 untuk kelas kontrol. Artinya peningkatan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Model LC 5E-MRCD dinyatakan sesuai untuk meminimalkan derajat miskonsepsi dan meningkatkan hasil belajar siswa terkait sejumlah konsep esensial pada topik kesetimbangan kimia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198058 |
Actions (login required)
View Item |