Chusna, Alawia (2021) Pengembangan bahan ajar menggunakan strategi metakognitif PDCA (preparing, doing, checking, dan assessing and following-up) pada materi bentuk dan gaya antarmolekul untuk meningkatkan reading comprehension siswa / Alawia Chusna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan merepresentasikan struktur molekular untuk memprediksi sifat makroskopik senyawa merupakan fundamental knowledge dalam memahami kimia. Materi gaya antarmolekul merupakan salah satu materi kimia yang berperan dalam memprediksi sifat senyawa. Pemahaman siswa pada materi gaya antarmolekul untuk memprediksi sifat senyawa masih tergolong rendah. Hal ini menunjukkan bahwa siswa belum belajar secara bermakna. Pembelajaran dengan strategi metakognitif PDCA dapat memfasilitasi pembelajaran secara bermakna dan meningkatkan reading comprehension siswa. Bahan ajar yang digunakan saat ini belum membantu siswa meningkatkan reading comprehension dan kemampuan metakognitifnya dalam merepresentasikan struktur molekular. Berdasarkan uraian tersebut peneliti bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar materi bentuk dan gaya antar molekul dengan strategi metakognitif PDCA untuk meningkatkan reading comprehension siswa dan mengetahui kelayakan produk bahan ajar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4D dari Thiagarajan dengan empat tahap yaitu define design develop dan disseminate. Tahap ke empat tidak dilakukan karena keterbatasan waktu. Validasi bahan ajar dilakukan oleh satu dosen kimia UM dan dua guru kimia SMAN 4 MALANG. Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif hasil validasi menggunakan teknik persentase untuk menentukan kelayakan bahan ajar. Data kualitatif digunakan sebagai masukan untuk melalukan revisi bahan ajar yang dikembangkan. Uji keterbacaan dilakukan pada 15 siswa XI MIPA di SMAN 4 MALANG. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar untuk buku guru dan buku siswa mendapatkan persentase kelayakan 83.35% dan 81.85% dengan kriteria sangat layak. Kedua bahan ajar dilakukan revisi dengan skala kecil. Hasil uji keterbacaan mendapatkan persentase 85.84% menunjukkan bahwa bahan ajar buku siswa sangat layak dan mudah digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198052 |
Actions (login required)
View Item |