Pengembangan Instrumen Diagnostik Four-Tier Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa SMA Pada Materi Hidrokarbon / Rizka Ella Amelia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Instrumen Diagnostik Four-Tier Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa SMA Pada Materi Hidrokarbon / Rizka Ella Amelia

Amelia, Rizka Ella (2021) Pengembangan Instrumen Diagnostik Four-Tier Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa SMA Pada Materi Hidrokarbon / Rizka Ella Amelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidrokarbon merupakan salah satu konsep dalam ilmu kimia yang sering dianggap sulit oleh siswa karena konsepnya yang bersifat abstrak dan sulit untuk dibayangkan secara nyata sehingga membutuhkan penguasaan konsep yang cukup tinggi. Seringkali ditemukan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi tersebut. Selain itu materi dalam kimia itu saling berkesinambungan sehingga dibutuhkan konsep dasar yang benar. Rendahnya pemahaman siswa dapat menjadi penyebab timbulnya miskonsepsi. Salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi secara efektif adalah instrumen diagnostik four-tier. Instrumen ini memiliki tingkat keyakinan pada setiap tingkatnya sehingga dapat mengidentifikasi pemahaman siswa dengan baik. Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan instrumen diagnostik four-tier untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA pada materi hidrokarbon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan instrumen diagnostik four-tier pada materi hidrokarbon. Metode yang digunakan mengadaptasi prosedur yang dikembangkan oleh Habiddin (2019) dan terdiri dari 6 tahapan yaitu (1) mapping concept (2) testing and interviewing (3) defining students unscientific idea (4) developing the prototype of a four-tier (5) validating the prototype four-tier dan (6) refining the final four-tier. Subjek uji coba adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Turen yang telah mempelajari materi hirokarbon. Hasil penelitian dan pengembangan yaitu instrumen diagnostik four-tier sebanyak 34 soal yang terdiri dari empat tier. Instrumen yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat layak dengan nilai rata-rata validasi sebesar 91% dan memiliki nilai reliabilitas tinggi yaitu 0 818. Dapat disimpulkan bahwa instrumen diagnostik four-tier yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam mendiagnosis miskonsepsi siswa pada materi hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198050

Actions (login required)

View Item View Item