Aziza, Anggie Hanidar Aziza (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan problem based learning berorientasi kemampuan berpikir kritis pada materi himpunan / ANGGIE HANIDAR AZIZA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian dan pengembangan ini memiliki tujuan untuk menciptakan perangkat pembelajaran operasi pada himpunan yang mencakup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berdasarkan model Problem Based Learning (PBL) yang berfokus pada aspek valid praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran juga berorientasi pada kemampuan berpikir kritis siswa. Pengembangan ini mengusung model pengembangan Plomp yang meliputi tahap penelitian awal tahap prototipe dan tahap evaluasi. Dua validator yang melakukan uji validitas yaitu dosen matematika dan guru matematika. Uji kepraktisan dan uji keefektifan pengembangan perangkat pembelajaran dilangsungkan terhadap 15 siswa kelas VII-H SMP Negeri 1 Sumbergempol. Hasil penelitian menentukan bahwa nilai validitas RPP sebesar 3 37 dan nilai validitas LKS sebesar 3 30 dengan kriteria valid. Dengan kriteria praktis nilai kepraktisannya mencapai 3 27. Persentase perolehan hasil soal tes evaluasi kemampuan berpikir kritis yaitu 80% dari siswa berada pada kategori sedang tinggi dan sangat tinggi sehingga perangkat pembelajaran dinyatakan efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Feb 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/197974 |
Actions (login required)
View Item |