Analisis level penalaran geometris siswa SMA berdasarkan teori van hiele / Ahmad Feri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis level penalaran geometris siswa SMA berdasarkan teori van hiele / Ahmad Feri

Feri, Ahmad (2021) Analisis level penalaran geometris siswa SMA berdasarkan teori van hiele / Ahmad Feri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran geometri yang baik harus dilakukan secara bermakna atau disesuaikan dengan kemampuan siswa. Kemampuan tersebut dapat dilihat pada level penalaran geometris siswa berdasarkan Teori van Hiele. Teori van Hiele menjelaskan level penalaran siswa ketika belajar geometri. Dengan dideskripsikannya level penalaran siswa maka dapat dirancang pembelajaran geometri yang baik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan level penalaran geometris siswa SMA berdasarkan Teori van Hiele. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas XII MIPA MAN Kota Batu dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu berdasarkan hasil tes geometri van Hiele yang diberikan kepada 28 siswa kemudian dipilih masing-masing satu siswa yang mewakili level 1 2 dan 3 van Hiele. Data dalam penelitian ini yaitu level berpikir siswa berdasarkan Teori van Hiele dan karakteristik penalaran geometris siswa yang diperoleh dari hasil tes dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah deskripsi karakteristik level penalaran geometris siswa berdasarkan Teori van Hiele. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pada level 1 Subjek mempunyai penguasaan yang sempurna. Subjek tidak mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi ciri-ciri bentuk geometris berdasarkan tampilan fisik dari gambar dan mengklasifikasikan ciri-ciri bentuk geometris secara ekslusif berdasarkan tampilan fisik (2) pada level 2 Subjek memiliki penguasaan yang tidak sempurna tetapi cukup tinggi. Subjek mampu menggunakan ciri-ciri matematis yang terdapat dalam definisi untuk mengidentifikasi bentuk geometris membuat definisi yang memuat ciri-ciri matematis dan membuat pembuktian suatu pernyataan berdasarkan contoh-contoh atau kasus tertentu. Subjek mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi bentuk geometris dan mengklasifikasikan ciri-ciri secara ekslusif berdasarkan ciri-ciri matematis (3) pada level 3 Subjek tidak memiliki penguasaan yang sempurna. Subjek mampu untuk mengklasifikasikan ciri-ciri matematis dari suatu gambar secara inklusif dan melakukan pembuktian dengan menggunakan struktur logika yang sederhana. Subjek mengalami kesulitan dalam membuat definisi yang memuat ciri-ciri matematis perlu dan cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197970

Actions (login required)

View Item View Item