Prasetya, Kallistus Adelgar Prasetya (2021) Pengembangan media berbasis motion graphic program sekolah ramah anak untuk kelas viii di smpk kolese santo yusup 2 malang / KALLISTUS ADELGAR PRASETYA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Toyyibatut Thowilah. 2021. Peran Guru dalam Penanaman Nilai Religius dan Kedisiplinan di Ra Muslimat NU Nurud Dholam Majungan Pamekasan Madura Tesis Program Studi Pendidikan anak usia dini Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd Prof. (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd Kata Kunci Peran Guru Menumbuhkan Karakter Religius Disiplin Adapun proses pembelajaran pada anak sejak usia dini merupakan dasar awal dari pembentukan karakter. Pembelajarandan pengembangan karakter religius pada anak memiliki peranan yang sangat penting karena pendidikan sangat memerlukan proses yang menjadikan anak menjadi Religius. Terdapat 4 permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu peran guru dalam penanaman nilai religius dan kedisiplinan di Raudatul Athfal Muslimat NU Nurud Dholam Majungan Pamekasan Madura sikap dan perilaku yang dikembangkan untuk menumbuhkan nilai religius dan faktor-faktor yang menjadi kendala dan solusi guru dalam menerapkan penanaman nilai religius dan kedisiplinan dan faktor pendukung dan pemberdayaan guru dalam penanaman nilai religius dan kedisiplinan yang di Raudatul Athfal Muslimat NU Nurud Dholam Majungan Pamekasan Madura. Wawancara dan observasi merupakan metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini. Adapun subjek penelitian berjumlah 4 orang tiga orang guru dan satu orang merupakan kepala sekolah dan satu wali murid. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data penyajian data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan guru dalam penanaman nilai religius dan kedisiplinan di Raudatul Athfal Muslimat NU Nurud Dholam Majungan Pamekasan Madura adalah dilakukan dengan mengajarkan sholat dhuha mengajarkan doa-doa aqoid yang lima puluh guru mengajarkan dan memberi contoh tepat waktu datang ke sekolah guru mendidik agar anak meletakkan sepatu pada tempatnya. Faktor-faktor yang menjadi rintangan guru dalam menerapkan penanaman nilai religius dan kedisiplinan yang di Raudatul Athfal Muslimat NU Nurud Dholam Majungan Pamekasan Madura adalah faktor motivasi diri anak yang rendah Faktor lingkungan termasuk orang tua dan manajemen waktu yang kurang baik. Adapun upaya guru dalam cara mengatasi kendala tersebut adalah memberikan stsimulus kepada anak dan orang tua memberikan motivasi pada anak. Faktor pendukung dan pemberdayaan guru dengan mengikutsertakan guru dalam pelatihan dan pendampingan guru agar mampu tumbuh dan berkembang dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/197912 |
Actions (login required)
View Item |