Haris, Ahmad Affan Haris (2021) Pengembangan buku pop up sebagai media pembelajaran kosakata bahasa arab siswa madrasah ibtidaiyah / Ahmad Affan Haris. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
KMA Nomor 183 Tahun 2019 menyebutkan bahwa pelajaran bahasa Arab pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah berfokus pada penguasaan kosakata (mufradat) oleh pembelajar khususnya terkait dengan bunyi dan maknanya. Atas dasar tersebut peneliti mengembangkan sebuah produk buku Pop Up untuk menunjang pembelajaran kosakata di kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku Pop Up dan mendeskripsikan kelayakannya sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Arab di kelas V MI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE dengan modifikasi sesuai dengan kebutuhan penelitian yaitu penambahan uji validasi pada ahli media dan ahli materi pada tahap pengembangan. Hasil dari penelitian ini berupa buku Pop Up pembelajaran kosakata di kelas V MI. Desain materi buku disusun berdasarkan buku bahasa Arab Al- lsquo Ashri. Buku yang dikembangkan ini memperoleh nilai kelayakan sebesar 94% (sangat layak) dari ahli media dan 90% (sangat layak) dari ahli materi. Setelah dilakukan beberapa perbaikan produk diujicobakan dalam skala kecil kepada praktisi pembelajaran yaitu guru bahasa Arab dan siswa kelas V MI. Uji coba produk menunjukkan hasil yang sangat baik yaitu ditunjukkan oleh skor yang diperoleh dari lembar respon guru sebesar 96% dan respon siswa mendapat nilai rata-rata 92 8%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/197871 |
Actions (login required)
View Item |