Bachtiar, Farizal Bachtiar (2021) Penerapan metode sitijenar (simak tiru terjemah dan karang) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks bahasa arab pada siswa kelas viii a di mts al hayatul islamiyah kedungkandang / Farizal Bachtiar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Metode pembelajaran Bahasa Arab pada keterampilan membaca yang digunakan di MTs Al Hayatul Islamiyah Kedungkandang adalah metode ceramah. Penggunaan metode ini kurang sesuai mengingat kurikulum saat ini adalah K-13. Pembelajaran dengan metode ini pun dinilai kurang menarik minat belajar siswa dan kurang menumbuhkan rasa percaya diri dan keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan metode SITIJENAR (Simak Tiru Terjemah dan Karang) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks Bahasa Arab pada siswa kelas VIII A Mts Al-Hayatul Islamiyah Kedungkandang dan (2) untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca siswa kelas VIII A Mts Al-Hayatul Islamiyah Kedungkandang. Adapun rancangan peneliitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas memiliki dua siklus pelaksanaan. Dalam setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Tahap-tahap penelitian di dalamnya meliputi (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah (1) wawancara (2) observasi (3) angket dan (4) tes. Hasil penelitian yang diperoleh menyebutkan bahwa penerapan metode SITIJENAR (Simak Tiru Terjemah dan Karang) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks Bahasa Arab pada siswa kelas VIII A Mts Al-Hayatul Islamiyah Kedungkandang ini kurang terlaksana dengan baik pada siklus I karena terdapat beberapa siswa yang belum bisa mengikuti alur belajar dengan baik. Namun pada siklus II dengan porsi fokus yang lebih menyeluruh masalah pada siklus I dapat teratasi dan siswa mulai mengenal alur proses pembelajaran sehingga mereka aktif dan tertib dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar. Dari segi peningkatan hasil belajar siswa metode ini telah meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Nilai stardar kelulusan minimal (SKM) yang ditentukan oleh sekolah adalah 75. Hasil post test pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan dari hasil pre test sebelumnya yang berada di bawah standar ketuntasan. Adapun hasil post test pada siklus II telah meningkatkan hasil belajar siswa secara menyeluruh dan rata-rata nilai meningkat di atas SKM secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian di atas peneliti mengajukan beberapa saran. Saran yang pertama kepada siswa dan siswi kelas VIII MTs Al Hayatul Islamiyah Kedungkandang agar lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran khususnya pada pembelajaran Bahasa Arab. Kemudian saran untuk guru pengampu agar dapat lebih inovatif dalam memberikan motivasi belajar kepada siswa dan lebih mengerti kebutuhan siswa dalam kelas sehingga siswa dapat terus meningkatkan minat mereka dengan bantuan metode yang menyenangkan dan pemanfaatan media-media yang semakin canggih. Selanjutnya saran untuk peneliti lain agar dapat mengembangkan metode Simak Tiru Terjemah dan Karang (SITIJENAR) sehingga metode ini dapat membantu meningkatkan keterampilan-keterampilan yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/197823 |
Actions (login required)
View Item |