Potret tuturan direktif kata pengantar: portofolio mata kuliah membaca menulis bahasa jawa / Lazuardi Imaniar - Repositori Universitas Negeri Malang

Potret tuturan direktif kata pengantar: portofolio mata kuliah membaca menulis bahasa jawa / Lazuardi Imaniar

Imaniar, Lazuardi (2021) Potret tuturan direktif kata pengantar: portofolio mata kuliah membaca menulis bahasa jawa / Lazuardi Imaniar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tuturan direktif dipahami sebagai peristiwa (perilaku) bertutur yang bertujuan untuk penciptaan atau pemunculan adanya suatu tindakan tertentu yang dikehendaki oleh penutur kepada mitra tutur. Peristiwa tutur tersebut tergolong pada aktivitas berkomunikasi (interaksi) dengan manusia yang lain. Komunikasi dapat dilakukan manusia secara langsung maupun tidak. Pemunculan hal atau peristiwa yang baik tidak hanya diakibatkan oleh dua pihak yang berkomunikasi hal ini dikarenakan adanya tujuan tertentu yang akan dicapai oleh salah satu pihak dan/atau keduanya. Maka pihak yang melakukan komunikasi harus menyampaikan kehendaknya dengan jelas dan saling memahami keadaan mitra bicaranya untuk menghindari adanya hal buruk yang terjadi dalam komunikasi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian yakni dipaparkannya tuturan direktif secara tertulis dipaparkan bentuk fungsi dan strategi yang digunakan pada kata pengantar dalam portofolio mata kuliah membaca menulis bahasa Jawa. Metode deskriptif yang digunakan peneliti dalam penelitian disesuaikan dengan tujuan yang akan dicapai dan teknik studi kepustakaan yang dipakai peneliti dilakukan dengan cara dikumpulkannya bahan dari berbagai sumber tertulis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya situasi bentuk tuturan yang berasal dari portofolio 65 data umum. Data diperoleh dari portofolio (kumpulan tugas) mata kuliah membaca menulis bahasa Jawa Fakultas Sastra UM angkatan 2017. Data terkumpul direduksi menjadi 49 dan disajikan sebanyak 45 data direktif selain itu dalam penelitian juga ditemukan bentuk fungsi dan strategi tuturan yang digunakan oleh penutur untuk menyampaikan pesan (kehendak) tertentu kepada mitra tutur. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yakni diawali dengan dibaca secara cermat data terkumpul tuturan yang telah direduksi dipahami dengan saksama dan yang terakhir data disajikan dalam bagian yang berbeda. Bagian yang dimaksud adalah bentuk fungsi dan strategi tuturan. Bentuk tuturan yang ditemukan adalah bentuk dengan kata dhumateng Gusti Allah nyuwun pangapura/pangapunten dakkarepake mugi-mugi mangga ayo/yuk kudu kata kerja a aja taksih kedah sapa sing hellip bakal antuk hellip dan ora apa-apa. Fungsi tuturan ditemukan adalah fungsi permintaan perintah larangan dan nasihat. Strategi tuturan yang ditemukan adalah strategi langsung dan tidak langsung. Hasil analisis dibaca dan dipahami peneliti sekurang-kurangnya tiga kali untuk terjaminnya validitas isi penelitian yang dibahas dan disampaikan. Dalam penelitian ini ditemukan hasil bahwa bentuk tuturan yang terdapat pada kata pengantar adalah bentuk dengan kata dhumateng Gusti Allah nyuwun pangapura/pangapunten dakkarepake mugi-mugi mangga ayo/yuk kudu kata kerja a aja taksih kedah sapa sing hellip bakal antuk hellip dan ora apa-apa. Fungsi tuturan ditemukan adalah fungsi permintaan perintah larangan dan nasihat. Strategi tuturan yang ditemukan adalah strategi langsung dan tidak langsung. Adanya temuan penelitian yang sudah dianalisis serta dibahas maka dapat diberikan saran (masukan) kepada guru atau dosen pengajar dan peneliti selanjutnya. Tugas dari guru atau dosen pengajar diharapkan dapat dibagi rata hal ini bertujuan agar tugas masing-masing angkatan dapat bervariasi. Dibaginya tugas secara rata bertujuan agar kebutuhan data yang diperlukan oleh peneliti selanjutnya dapat disamaratakan misal pada bagian kata pengantar portofolio diharapkan adanya pembagian untuk tuturan asertif direktif komisif ekspresif dan deklaratif. Saran terhadap peneliti selanjutnya diharapkan mampu memahami pembahasan dalam penelitian dan melakukan adanya pengembangan media serta strategi pembelajaran dalam bahasa Jawa untuk menambah kreativitas dan menumbuhkan ketertarikan (minat) belajar bahasa Jawa pada calon-calon peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197641

Actions (login required)

View Item View Item