Pengembangan Media Kartu Alfabet Sibi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Isyarat Siswa Tunarungu Kelas 1 SLB Tamima Mumtaz Kabupaten Malang / Salsabila Rafif Talitha Mahiro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Media Kartu Alfabet Sibi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Isyarat Siswa Tunarungu Kelas 1 SLB Tamima Mumtaz Kabupaten Malang / Salsabila Rafif Talitha Mahiro

Mahiro, Salsabila Rafif Talitha (2021) Pengembangan Media Kartu Alfabet Sibi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Isyarat Siswa Tunarungu Kelas 1 SLB Tamima Mumtaz Kabupaten Malang / Salsabila Rafif Talitha Mahiro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahiro Salsabila Rafif Talitha. 2021. Pengembangan Kartu Isyarat SIBI Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Isyarat Siswa Tunarungu Kelas 1 SLB Tamima Mumtaz Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd. (II) Dimas Arif Dewantoro M.Pd. Kata Kunci Tunarungu Media Kartu Isyarat SIBI Problem siswa tunarungu yang sering ditemui pada Sekolah Luar Biasa adalah siswa memasuki sekolah tanpa/kurang memiliki kemampuan berbahasa. Proses pemerolehan bahasa pada siswa tunarungu diberikan sekolah melalui layanan khusus. Layanan pemerolehan bahasa siswa tunarungu menekankan percakapan melalui stimulasi visual. Dasar pembelajaran bahasa isyarat adalah penguasaan huruf-huruf abjad yang dalam hal ini mengacu pada Sistem Isyarat Indonesia (SIBI). Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan sebuah produk Kartu Alfabet SIBI. Media ini dapat digunakan sebagai dasar untuk membantu pembelajaran siswa tunarungu dalam mempelajari bahasa isyarat. Pengembangan produk dilaksanakan dengan metode adaptasi dari Borg dan Gall yaitu (1) Penelitian dan pengumpulan data (2) Perencanaan (3) pengembangan desain produk awal (4) Validasi produk awal (5) Revisi produk awal (6) Uji coba lapangan (7) revisi produk akhir. Validasi produk dilakukan oleh ahli media ahli materi serta praktisi. Uji coba lapangan dilaksanakan dengan sasaran siswa tunarungu kelas 1 di SLB Tamima Mumtaz kabupaten Malang. Hasil dari Pengembangan Media Kartu Alfabet SIBI dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil validasi ahli media ahli materi dan ahli praktisi. Inovasi konsep media kartu ini memiliki potensi untuk dikomersialkan karena dibutuhkan oleh tunarungu dan memiliki potensi untuk dipatenkan karena konsep produk dengan spesifikasi ini belum banyak ditemui. Saran penggunaan untuk siswa adalah untuk menggunakan media Kartu Alfabet SIBI dalam pengenalan awal mempelajari bahasa isyarat untuk guru adalah untuk menyiapkan materi penjelasan awal dan menunjukkan isi dari Kartu Isyarat Alfabet SIBI juga memahamkan siswa tentang masing-masing huruf sebelum melanjutkan pembelajaran menyusun kata. Untuk pengembang media Karrtu Alfabet SIBI berikutnya dapat menambahkan hologram pada setiap gambar isyaratnya. Selain memudahkan siswa belajar juga akan meningkatkan minat siswa terhadap media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197603

Actions (login required)

View Item View Item