Persepsi guru dan orang tua murid terhadap efektivitas pembelajaran daring era pandemi covid-19 di tk blambangan banyuwangi / Anisa Mega Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru dan orang tua murid terhadap efektivitas pembelajaran daring era pandemi covid-19 di tk blambangan banyuwangi / Anisa Mega Ramadhani

Ramadhani, Anisa Mega Ramadhani (2021) Persepsi guru dan orang tua murid terhadap efektivitas pembelajaran daring era pandemi covid-19 di tk blambangan banyuwangi / Anisa Mega Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi covid-19 yang sedang terjadi membawa dampak yang besar pada bidang pendidikan. Pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka dialihkan menjadi belajar mandiri dari rumah dengan memanfaatkan sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) atau pembelajaran jarak jauh sebagai upaya menekan angka penyebaran covid-19. Pembelajaran daring dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai aplikasi seperti whatsapp google classroom zoom meet dan edmodo sehingga peserta didik tetap bisa menerima pembelajaran. Pada penelitian-penelitian sebelumnya dapat diketahui bahwa pembelajaran daring dinilai masih kurang efektif hal ini dikarenakan adanya kendala-kendala yang ditemui. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru dan orang tua terhadap efektifitas pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah TK Blambangan Banyuwangi dengan jumlah sampel terdiri dari 5 guru dan 46 orang tua. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner berupa google form dengan menggunakan teknik skla likert untuk pemberian skor. Hasil penelitian yang melibatkan 51 orang responden yang terdiri dari 5 orang guru 22 orang tua murid kelompok A dan 24 orang tua murid kelompok B telah menghasilkan skor rata-rata pada masing-masing sub variabel. Pada sub variabel persepsi guru tentang pembelajaran daring skor rata-rata sebesar 50 3 yang termasuk dalam kategori cukup sedangkan skor pada sub variabel persepsi orang tua tentang pembelajaran daring sebesar 56 30 yang termasuk dalam kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa persepsi atau cara pandang guru terhadap efektifitas pembelajaran daring masih belum berjalan dengan efektif sedangkan persepsi atau cara pandang orang tua terhadap efektifitas pembelajaran daring sudah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197430

Actions (login required)

View Item View Item