Efektiftas model pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar materi gaya dan gerak kelas iv sdn jabung kabupaten blitar / WAFA AFINA - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektiftas model pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar materi gaya dan gerak kelas iv sdn jabung kabupaten blitar / WAFA AFINA

Afina, Wafa Afina (2021) Efektiftas model pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar materi gaya dan gerak kelas iv sdn jabung kabupaten blitar / WAFA AFINA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Analisis hasil wawancara dengan guru kelas IV mendapatkan hasi bahwa model yang digunakan saat pembelajaran adalah menggunakan whatsapp group dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran masih kurang terutama materi IPA yang membutuhkan praktikum. Siswa kurang mendapat penjelasan materi dari guru sehingga pemahaman yang didapat kurang. Sehingga perlu dilakukan penelitian efektifitas model pembelajaran Guided Discovery materi gaya dan gerak. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu atau quasy experiment. Model ini akan mendapatkan hasil yang baik karena siswa dapat meningkatkan hasil belajar. Langkah-langkah model Guided Discovery adalah stimulus perumusan masalah pengumpulan data analisis data verifikasi dan generalisasi. Siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Hal ini karena siswa terlibat langsung dengan pembelajaran. Hasil penelitian didapatkan hasil bahwa rata-rata nilai pretest kelas kontrol adalah 34.57 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol adalah 50.43. Sedangkan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 36.25 dan nilai kelas posttest eksperimen adalah 76.50. Hasil penghitungan nilai posstest kelas kontrol dikurangi nilai pretest kelas kontrol adalah 15.870. Untuk kelas eksperimen rata-rata hasil posttest dikurangi rata-rata hasil pretest adalah 40.250. Berdasarkan hasil rata-rata yang telah terpapar maka persentase keberhasilan hasil belajar dari model pembelajaran Guided Discovery adalah 70% dan keberhasilan hasil belajar dari metode konvensional (ceramah) adalah 50%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model konvensional terhadap hasil belajar ada pengaruh model pembelajaran Guided Discovery terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan rentang nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen model pembelajaran Guided Discovery lebih efektif digunakan dalam pembelajaran karena berpengaruh terhadap naiknya nilai rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata nilai pretest-posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Guided Discovery efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Jabung Kabupaten Blitar dan dari data tersebut dinyatakan valid. Model pembelajaran Guided Discovery dapat digunakan dalam proses pembelajaran materi gaya dan gerak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197312

Actions (login required)

View Item View Item