Kirana, Clara Puspita Kirana (2021) Pengembangan multimedia jari baru berbasis teori van hiele di kelas v sekolah dasar / Clara Puspita Kirana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterbatasan media pembelajaran matematika membuat siswa mengalami kesulitan belajar khususnya pada materi bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia JARI BARU (Belajar Interaktif Bangun Ruang) berbasis teori van Hiele materi bangun ruang di kelas V sekolah dasar yang valid menurut ahli praktis menurut guru dan menarik menurut siswa. Subjek dari penelitian ini merupakan semua siswa di kelas V SD Negeri Rembang 2 Kota Blitar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE. Hasil penilaian validitas oleh ahli media ahli materi dan hasil respon kepraktisan oleh guru menunjukkan media ini sangat valid dan praktis. Sedangkan hasil dari respon kemenarikan oleh siswa menunjukkan nilai kemenarikan produk sangat tinggi dan masuk dalam kategori sangat menarik. Produk yang dikembangkan mendapatkan respon yang sangat baik dan disambut dengan antusias oleh siswa ketika pembelajaran berlangsung yang dibuktikan oleh hasil dari pengisian angket menunjukkan bahwa hasil produk yang dikembangkan menarik serta layak diterapkan dan digunakan pada kegiatan pembelajaran. Manfaat lain dari penggunaan media pembelajaran ini adalah dapat memberikan pemahaman materi bangun ruang yang ditunjukkan oleh nilai yang siswa peroleh saat mengerjakan soal evaluasi dan mendapatkan rata-rata nilai melampaui kriteria ketuntasan minimal sehingga peserta didik dapat mempelajari materi bangun ruang dengan baik menyenangkan dan optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/197302 |
Actions (login required)
View Item |