Afandi, Danny Wahyu Sisar Afandi (2021) Pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa pada muatan ipa kelas iv sd tema 9 subtema 2 / Danny Wahyu Sisar Afandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pelaksanaan pembelajaran pada tema 9 subtema 2 kelas IV SDN Panggunguni Kabupaten Tulungagung lebih sering menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan penugasan selain itu media pembelajaran yang dipakai hanya buku LKS dan buku paket tematik. Hal tersebut membuat siswa kurang tertarik dan merasa bosan pada saat kegiatan pembelajaran sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil belajar dapat ditingkatkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa Tema 9 Subtema 2 Kekayaan Negeriku Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental design. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan rata ndash rata kemampuan awal siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kemampuan awal yang dimiliki siswa sama. Sedangkan analisis data kemampuan akhir siswa dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan rata ndash rata baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kemampuan akhir yang dimiliki siswa berbeda. Berdasarkan analisis data pretest dan posttest rata-rata kelas eksperimen naik 7 1% dan kelas kotrol naik 3 8%. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diatas dapat disimpulkan kemampuan akhir yang dimiliki kelas eksperimen maupun kelas kontrol berbeda. Sehingga kesimpulan yang didapat media pembelajaran interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar hal ini didukung hasil uji hipotesis yang menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan. Hal tersebut terbukti dengan nilai rata ndash rata yang didapat kelas eksperimen 77 78 lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang mendapat 67 94.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/197182 |
Actions (login required)
View Item |