Pengembangan media interaktif menggunakan articulate storyline berbasis instructional games materi pecahan kelas v di sdn 5 saptorenggo kabupaten malang / VINA IMAN ADHIANA - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media interaktif menggunakan articulate storyline berbasis instructional games materi pecahan kelas v di sdn 5 saptorenggo kabupaten malang / VINA IMAN ADHIANA

Adhiana, Vina Iman Adhiana (2021) Pengembangan media interaktif menggunakan articulate storyline berbasis instructional games materi pecahan kelas v di sdn 5 saptorenggo kabupaten malang / VINA IMAN ADHIANA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adhiana Vina Iman. 2021. Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Berbasis Instructional Games Materi Pecahan Kelas V Di Sdn 5 Saptorenggo Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1 ndash Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Yuniawatika S.Pd. M.Pd. (II) Dr. Erif Ahdhianto S.Pd. M.Pd Kata Kunci Media Interaktif Pecahan Sekolah Dasar. Penelitian dan pengembangan media interaktif articulate storyline berbasis instructional games materi pecahan dilaksanakan di kelas V SDN 5 Saptorenggo Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas menunjukkan adanya permasalahan yaitu (1) pemahaman materi pecahan sebagian siswa terhadap pembelajaran matematika cukup membuat siswa masih merasa bingung juga dikarenakan pembelajaran melalui daring (2) siswa masih merasa bingung pada materi pecahan seperti pada penjumlahan pecahan dengan menyamakan penyebut menyederhanakan pecahan dan pemahaman tentang soal cerita pada pecahan (3) penggunaan media di SDN 5 Saptorenggo Kabupaten Malang hanya menggunakan video penjelasan materi pecahan dari guru dan (4) sarana dan prasarana di SDN 5 Saptorenggo juga sudah memadai adanya laboratorium komputer yang bisa digunakan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk pembelajaran media interaktif menggunakan articulate storyline berbasis instructional games materi pecahan kelas V SD yang valid menurut ahli materi ahli media dan pengguna serta menarik menurut siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R amp D) dengan menggunakan model ADDIE yang mempunyai 5 tahapan yaitu (1) Analysis (analisis) (2) Design (Desain) (3) Development (pengembangan) (4) Implementation (implementasi) (5) Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 5 siswa sebagai subjek uji coba skala kecil dan 21 siswa kelas V SDN 5 Saptorenggo Kabupaten Malang sebagai subjek uji coba pemakaian. Produk media interaktif yang dikembangkan memuat materi pecahan yang menggunakan dua cara yaitu menggunakan arsiran dan KPK. Selain itu media interaktif dilengkapi dengan video pembelajaran agar siswa lebih memahami materi serta terdapat games agar siswa tidak bosan dalam belajar. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi didapatkan tingkat validitas produk sebesar 89 81% dan masuk dalam kategori sangat valid. Hasil validasi oleh ahli media didapatkan tingkat validitas produk sebesar 86 9% yang masuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan hasil validasi oleh pengguna yaitu guru kelas V SDN 5 Saptorenggo didapatkan hasil validitas produk sebesar 86 8% yang termasuk kedalam kategori sangat valid. Respon siswa pada uji coba skala kecil memberikan nilai 94 28% dan masuk pada kategori sangat menarik. Kemudian pada saat uji coba pemakaian menunjukkan hasil kemenarikan sebesar 100% dan masuk kedalam kategori sangat menarik. Media interaktif ini memiliki banyak manfaat dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dibuktikan melalui rata-rata nilai pengerjaan latihan soal yang cukup tinggi yaitu sebesar 92 pada uji coba skala kecil dan 90 47 pada uji coba pemakaian. Nilai rata-rata pada latihan soal ini sudah cukup tinggi dibandingkan dengan KKM muatan pelajaran matematika yaitu 75. Sehingga dapat disimpulkan media interaktif menggunakan articulate storyline berbasis instructional games ini masuk kedalam kategori valid dan menarik sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197175

Actions (login required)

View Item View Item