Hubungan perhatian orang tua terhadap sikap tanggung jawab belajar siswa pada pembelajaran daring di kelas 3 sdn plosoarang 01 kabupaten blitar / Lazuardi Galang Bagaskara - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan perhatian orang tua terhadap sikap tanggung jawab belajar siswa pada pembelajaran daring di kelas 3 sdn plosoarang 01 kabupaten blitar / Lazuardi Galang Bagaskara

Bagaskara, Lazuardi Galang Bagaskara (2021) Hubungan perhatian orang tua terhadap sikap tanggung jawab belajar siswa pada pembelajaran daring di kelas 3 sdn plosoarang 01 kabupaten blitar / Lazuardi Galang Bagaskara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Bagaskara Lazuardi Galang. 2021. Hubungan Perhatian Orang Tua terhadap Sikap Tanggung Jawab Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di Kelas 3 SD Negeri Plosoarang 01 Kabupaten Blitar. Skripsi. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Murdiyah M.Pd. (II) Dra. Tri Murti M.Pd. Kata Kunci perhatian orang tua tanggung jawab belajar pembelajaran daring Hasil observasi di SD Negeri Plosoarang 01 yaitu penerapan pembelajaran daring di SD ini. Pembelajaran daring yang diterapkan yaitu melalui Whatsapp group. Pada pembelajaran daring ini banyak keluhan dari guru pada kelas 3 yang 4 siswanya kurang bertanggung jawab terhadap belajarnya masih teledor dalam pengumpulan tugas sekolah mengumpulkan tugasnya terlambat seperti pengumpulan LKS pengumpulan hasil ulangan ada juga yang tidak mengumpulkan semuanya. Hal ini mengindikasikan 4 siswa di kelas 3 SD Negeri Plosoarang 01 mempunyai tanggung jawab belajar yang kurang. Sementara disisi lain sebagian siswa sudah mendapatkan perhatian yang cukup baik dari orang tuanya. Hal ini dapat dilihat dari respon di Whatsapp Group dan pengumpulan tugas tepat waktu. Perhatian orang tua sangat dibutuhkan pada pembelajaran daring ini untuk menumbuhkan tanggung jawab belajar anak. Rasa tanggung jawab tidak bisa spontan muncul begitu saja dalam diri anak. Harus ada rangsangan dan arahan dari lingkungannya baik itu dari keluarga maupun pihak lainnya. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan banyaknya siswa yang mendapat perhatian dari orang tuanya serta seberapa tanggung jawabnya siswa terhadap belajarnya dengan kriteria sangat baik baik cukup baik kurang baik dan tidak baik. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan metode kuantitatif. Sampel yang dijadikan responden pada penelitian ini sebanyak 15 siswa kelas 3 SD Negeri Plosoarang 01 Kabupaten Blitar. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket perhatian orang tua yang terdiri dari 9 butir pernyataan dan angket tanggung jawab belajar yang terdiri dari 8 butir pernyataan. Bentuk angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket skala likert dengan 4 pilihan alternatif jawaban. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Pearson Product Moment. Sebelum dilakukan uji korelasi maka terlebih dahulu memenuhi syarat uji asumsi klasik yaitu uju normalitas dan uji linieritas. Hasil uji normalitas didapatkan sig. (0 131) dan (0 100) gt (0 05) maka data berdistribusi normal kemudian hasil uji linieritas didapatkan sig. (0 371) gt 0 05 maka ada hubungan yang linier antara kedua variabel. Hasil analisis uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan nilai sig. (2 tailed) (0 000) lt (0 05) dan Rhitung (0 984) gt Rtabel (0 514). Hasil perhitungan analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan perhatian orang tua terhadap sikap tanggung belajar siswa pada pembelajaran daring di kelas 3 SD Negeri Plosoarang 01 Kabupaten Blitar. Semakin tinggi perhatian orang tua maka semakin tinggi pula tanggung jawab belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197173

Actions (login required)

View Item View Item