Pengembangan media pembelajaran berbasis powtoon pada materi surat undangan di kelas v sdn dolokgede kabupaten bojonegoro / Sindi Juwanita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis powtoon pada materi surat undangan di kelas v sdn dolokgede kabupaten bojonegoro / Sindi Juwanita

Juwanita, Sindi Juwanita (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis powtoon pada materi surat undangan di kelas v sdn dolokgede kabupaten bojonegoro / Sindi Juwanita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemakaian media pembelajaran digunakan agar membantu guru menyediakan bahan ajar pada siswa. Guru ketika mengajar hanya menjelaskan materi saja membuat siswa akan cepat bosan sedangkan ketika guru mengajar memakai media siswa akan semangat mengikuti pembelajaran. .siswa lebih tertarik dan lebih memahami jika menggunakan bahan ajar atau media pembelajaran yang menyenangkan contohnya melalui video. Jika siswa hanya mendengarkan dan membaca saja siswa akan cepat jenuh. penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis powtoon pada materi surat undangan di kelas V SDN Dolokgede Kabupaten Bojonegoro. Media yang dihasilkan yaitu media pembelajaran yang valid menurut ahli materi ahli media guru dan untuk siswa. Tujuan penelitian ialah buat menciptakan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Materi Surat Undangan Di Kelas V SDN Dolokgede Kabupaten Bojonegoro. Media yang dihasilkan yaitu Media pembelajaran yang valid dan menarik menurut ahli media ahli materi pengguna/guru dan bagi siswa. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan Research and Development (R amp D) yang dirancang dengan model ADDIE. Penelitian ini melalui lima tahapan yaitu Analysis Design Development or Production Implementation or Delivery dan Evaluations. Tahap pengumpulan data observasi angket wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pengembangan ini telah dilakukan validasi dan ujicoba produk. Hasil validasi oleh ahli materi sebesar 85 3% dengan kriteria sangat layak. hasil validasi oleh ahli media sebesar 95 7% dengan kriteria sangat layak. hasil validasi oleh guru sebesar 89 3% dengan kategori sangat layak. kemenarikan produk media pembelajaran berbasis powtoon diperoleh dari ujicoba skala kecil mendapatkan hasil sebesar 87% dengan kategori sangat layak dan ujicoba lapangan diperoleh hasil 86 8% dengan kategori sangat layak. Disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis powtoon sudah valid menurut ahli materi ahli media guru dan siswa. Berdasarkan ujicoba produk yang dikembangkan sudah menarik dan layak untuk digunakan saat proses pembelajaran. Saran dalam penelitian 1) dapat mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran yang lain 2) Subjek penelitian bisa dilakukan pada subjek yang lebih luas 3) media pembelajaran powtoon dapat dijadikan referensi guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197170

Actions (login required)

View Item View Item