Divina P, Amina (2021) Pengembangan model family 10 sebagai inovasi model pembelajaran untuk muatan IPS kelas v di Kabupaten Sampang / Amina Divina P. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Model pembelajaran Family 10 merupakan model pembelajaran yang didesain untuk pembelajaran muatan ilmu pengetahuan di sekolah dasar. Model Family 10 dikembangkan berlandaskan sosial model investigasi kelompok Joyce Weil and Calhoun (2009 309) untuk meningkatkan motivasi belajar melalui pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Penerapan Family 10 dilakukan secara onsite atau secara tatap muka. Penelitian penting dilakukan untuk mengembangkan model belajar yang relavan dengan karakteristik dan tujuan muatan IPS dengan mengembangkan model Family 10. Model pembelajaran yang berbasis pada keterlibatan siswa (student centered) dalam berinteraksi dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokratis dalam sebuah aturan yang disepakati bersama di samping kreatif inovatif dan berdaya tarik tinggi. Penting diketahui pula bahwa model pembelajaran Family 10 valid menurut (1) ahli isi (2) ahli model (3) ahli desain dan (4) guru dan siswa sebagai pengguna serta (5) efektif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan 10 langkah kerja Borg and Gall dengan tahapan antara lain research and information collecting planning develop preliminary from of product preliminary field testing main product revision main field testing operational product revision operational field testing final product revision dissemination and implementation. Data-data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes angket wawancara observasi dan dokumentasi yang dilaksanakan di tujuh sekolah dan delapan kelas secara total. Penelitian ini menghasilkan draft pengembangan model pembelajaran model Family 10 beserta rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah valid berdasarkan hasil uji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Family 10 valid menurut validasi ahli dengan memperoleh skor kevalidan 89 28% untuk desain pembelajaran isi pembelajaran 86 53% dan model pembelajaran 90%. Kemenarikan dan kesesuaian dengan lingkungan belajar menurut guru sebagai pengguna 93 3 % kemenarikan dan kesesuaian dengan lingkungan belajar menurut siswa sebagai pengguna 85 6% pada uji coba lapangan awal 92 15% pada uji coba lapangan produk utama 84 6% pada uji coba skala luas keefektifan terhadap hasil belajar siswa 92 3% pada uji coba lapangan awal 95% pada uji coba lapangan produk utama dan 87 4% pada uji coba skala luas. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Family 10 yang dikembangkan valid menarik dan sesuai dengan lingkungan belajar serta efektif terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/197145 |
Actions (login required)
View Item |