Analisis miskonsepsi materi sistem peredaran darah manusia tema 4 pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Sumberpasir Kabupaten Malang / Mar'atul Izza - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis miskonsepsi materi sistem peredaran darah manusia tema 4 pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Sumberpasir Kabupaten Malang / Mar'atul Izza

Izza, Mar'atul (2021) Analisis miskonsepsi materi sistem peredaran darah manusia tema 4 pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Sumberpasir Kabupaten Malang / Mar'atul Izza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Miskonsepsi merupakan konsepsi yang tidak sesuai dengan konsep ilmiah yang dikemukakan oleh para ahli dalam bidang tertentu. Miskonsepsi menjadi salah satu permasalahan yang sering terjadi di dalam pembelajaran IPA terutama pada pelajaran biologi. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Kelas V di SD Negeri 1 Sumberpasir materi sistem peredaran darah merupakan salah satu materi yang rumit sehingga kemungkinan terjadinya miskonsepsi sangat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada konsep organ peredaran darah manusia proses peredaran darah manusia gangguan peredaran darah manusia dan cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui tes esai yang sudah divalidasi oleh ahli materi dan wawancara kepada beberapa siswa yang mengalami miskonsepsi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Sumberpasir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi sistem peredaran darah manusia. Pada konsep organ peredaran darah manusia siswa banyak mengalami miskonsepsi pada konsep fungsi ruang jantung dan sifat pembuluh darah. Pada konsep proses peredaran darah siswa mengalami miskonsepsi dalam menjelaskan proses peredaran darah besar dan proses peredaran darah kecil secara urut. Pada konsep gangguan peredaran darah manusia siswa mengalami miskonsepsi karena menyamakan gejala penyakit anemia dengan penyakit lainnya. Pada konsep cara memelihara kesehatan organ peredaran darah siswa mengalami miskonsepsi karena menjawab manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh secara umum. Berdasarkan temuan penelitian di atas peneliti menyarankan bagi guru untuk mempertimbangkan instrumen penelitian ini sebagai alat evaluasi dan lebih memperhatikan konsepsi yang dimiliki siswa. Bagi siswa menjadikan hasil penelitian ini sebagai motivasi untuk belajar lebih giat lagi dalam memahami materi sistem peredaran darah. Bagi peneliti lain untuk mengembangkan penelitian terkait miskonsepsi dengan fokus berbeda agar didapatkan hasil penelitian dengan cakupan yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197143

Actions (login required)

View Item View Item