Nasukha, Ilma (2021) Analisis konsepsi awal siswa pada materi siklus air kelas V SDN Gempol 2 / Ilma Nasukha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Konsepsi awal (Prior knowledge) merupakan sekumpulan pengalaman dan pengetahuan seseorang yang diperolah dari pengalaman hidupnya yang kemudian dibawa pada suatu pengalaman yang baru. Setiap siswa memiliki potensi yang berbeda antara siswa satu dan lainnya karena pengalaman yang diperoleh siswa serta kemampuan untuk melakukan penyesuaian terhadap lingkungan sangat berbeda setiap siswa. Konsepsi awal yang dimiliki siswa beragam sehingga guru perlu mengungkap pengetahuan awal yang dimiliki siswa agar pembelajaran menjadi bermakna. Kemampuan awal dapat berfungsi untuk mempermudah pemerolehan informasi dan mengungkap kembali pengetahuan baru siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsepsi awal siswa sekolah dasar terhadap materi siklus air. Konsepsi awal yang dimiliki oleh siswa terhadap materi siklus air yang dideskripsikan yaitu konsepsi awal siswa tentang evaporasi kondensasi presipitasi siklus air pendek siklus air sedang dan siklus air panjang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan jenis deskriptif. Dilakukan di SDN Gempol 2. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V semester 2 yang belum menerima materi siklus air di kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan angket wawancara dan dokumentasi. Intrumen yang diguankan untuk mengumpulkan data yaitu peneliti sendiri. Langkah-langkah analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) membuat kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diperoleh fakta adanya konsepsi awal siswa memiliki konsepsi awal yang sudah benar secara ilmiah dan belum benar secara ilmiah. Jawaban yang diperoleh dari angket semi terbuka memiliki jawaban yang beragam. Siswa memiliki konsepsi awal tentang evaporasi kondensasi presipitasi siklus air pendek siklus air sedang dan siklus air panjang secara keseluruhan belum benar secara ilmiah. Ditemukan kesalahan konsepsi awal terbesar tentang pengertian siklus air pendek yaitu hampir seluruh siswa (80%) menjawab belum benar secara ilmiah atau belum benar menurut ilmuwan. Konsepsi awal siswa yang benar menurut ilmiah atau benar menurut ilmuwan terbesar terdapat pada pengertian penguapan yaitu sebagian besar (62 5%) menjawab benar secara ilmiah atau benar menurut ilmuwan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Feb 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/197116 |
Actions (login required)
View Item |