Afiantari, Fira Afiantari (2021) Hubungan antara kompetensi dan pemberian insentif dengan kinerja tenaga administrasi sekolah di sma negeri se-kota malang / Fira Afiantari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) sangat penting untuk kualitas sekolah dengan itu diperlukan adanya kompetensi dan pemberian insentif yang perlu diperhatikan. TAS menjadi pendukung dan sebuah komponen yang berperan sebagai pionir untuk segala pelaksanaan yang ada di sekolah. Kinerja TAS yang berkualitas dapat didukung dengan adanya kompetensi yang di dalamnya terkandung beberapa indikator yaitu kompetensi kepribadian kompetensi sosial kompetensi teknis dan kompetensi manajerial. Kinerja seorang TAS juga dapat didorong dengan adanya imbal balik yang berupa pemberian insentif yang mereka terima selama bekerja baik berupa insentif material maupun insentif non-material seperti gaji yang diterima atau fasilitas yang sudah tersedia. Kinerja TAS juga dapat ditingkatkan dengan memperhatikan hasil kerja kemampuan kerja ketepatan waktu pembinaan serta dukungan baik dari dalam diri atau lingkungan kerja. Tenaga administrasi yang telah berkomitmen dan memberikan loyalitas kerja yang baik pada suatu organisasi akan memberikan dampak positif bagi pelayanan sekolah sehingga hal tersebut menjadi sumber keberhasilan terhadap jalannya pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui kompetensi tenaga administrasi di SMA Negeri se-Kota Malang 2) mengetahui pemberian insentif tenaga administrasi di SMA Negeri se-Kota Malang 3) mengetahui kinerja tenaga administrasi di SMA Negeri se-Kota Malang 4) menjelaskan hubungan antara kompetensi dan kinerja tenaga administrasi di SMA Negeri se-Kota Malang 5) menjelaskan hubungan antara pemberian insentif dan kinerja tenaga administrasi di SMA Negeri se-Kota Malang 6) menjelaskan hubungan antara kompetensi dan pemberian insentif dengan kinerja tenaga administrasi di SMA Negeri se-Kota Malang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah dengan melalui pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket berupa google form. Lalu analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif uji prasyarat analisis dan uji hipotesis menggunakan korelasi Product Moment Pearson dan analisis regresi linier. Simpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu 1) tingkat kompetensi yang dimiliki oleh tenaga administrasi di SMA Negeri se-Kota Malang tergolong dalam kategori sedang 2) tingkat pemberian insentif yang diterima oleh tenaga administrasi di SMA Negeri se-Kota Malang tergolong dalam kategori sedang 3) tingkat kinerja tenaga administrasi di SMA Negeri se-Kota Malang tergolong dalam kategori tinggi 4) terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi dengan kinerja tenaga administrasi di SMA Negeri se-Kota Malang 5) terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian insentif dengan kinerja tenaga administrasi di SMA Negeri se-Kota Malang dan 6) secara simultan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi pemberian insentif dan kinerja tenaga administrasi di SMA Negeri se-Kota Malang. Berdasarkan kesimpulan penelitian ini dapat disarankan kepada 1) Kepala Cabang Dinas Pendidikan diharapkan untuk memberikan sosialisasi ataupun pengarahan kepada tenaga administrasi tentang bagaimana kompetensi yang seharusnya mereka miliki sesuai dengan tugas-tugas yang akan dijalani oleh tenaga administrasi dan sosialisasi terkait insentif yang diterima oleh tenaga administrasi 2) Kepala SMA Negeri se-Kota Malang agar dapat memberikan pengarahan yang jelas tentang bagaimana bekerja secara individu maupun dalam tim dengan berbagai macam bidang tenaga administrasi serta memberikan pemahaman terkait pemberian insentif yang akan mereka terima. Selain itu diharapkan kepala sekolah juga berupaya dalam peningkatan kinerja tenaga administrasi dan dapat mengembangkan kinerja TAS 3) Kepala Tenaga Administrasi di SMA Negeri se-Kota Malang dapar mempertahankan dan meningkatkan kinerja TAS kepala sekolah dapat memberikan dorongan seperti adanya kegiatan workshop atau pemberian insentif non-material dengan mewujudkan lingkungan kerja yang nyaman guna kinerja TAS yang maksimal 4) Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan pada saat menempuh perkuliahan semangat dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya guna bekal dalam dunia kerja mendatang 5) peneliti selanjutnya dapat menggunakan penelitian ini sebagai bahan untuk kajian peneliti lain yang ingin melakukan penelitian sejenis. Kepada peneliti selanjutnya diharapkan agar mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan metode yang sama atau berbeda. Jika menggunakan metode yang sama maka peneliti diharapkan dapat membuat instrumen yang lebih baik dan tersusun rapi sedangkan jika peneliti menggunakan metode yang berbeda peneliti dapat menggali informasi lebih jauh menggunakan in-depth interview untuk mencari faktor yang berhubungan dengan kinerja TAS selain dari kompetensi dan pemberian insentif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Mar 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/197003 |
Actions (login required)
View Item |