Lestari, Suprih Puji Lestari (2021) Komunikasi kepala sekolah perempuan dengan para staf (studi kasus di sd kristen aletheia kota malang) / Suprih Puji Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Di dalam organisasi pendidikan komunikasi pada dasarnya sangat dibutuhkan oleh kepala sekolah terutama dalam menggerakkan bawahannya seperti staf pendidik dan tenaga kependidikan yang merupakan mitra kerja dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. SD Kristen Aletheia Kota Malang merupakan sekolah dasar yang dipimpin oleh kepala sekolah perempuan. Pemimpin perempuan diketahui selalu mementingkan komunikasi hubungan interpersonal motivasi pekerja berorientasi pada tugas dan bersikap demokratis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komunikasi kepala sekolah perempuan dengan para staf yang difokuskan pada (1) pelaksanaan (2) gaya komunikasi yang cenderung diterapkan (3) faktor pendukung serta (4) faktor penghambat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus karena dipusatkan pada satu obyek secara intensif yakni SD Kristen Aletheia Kota Malang. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan komunikasi kepala sekolah perempuan dengan para staf (a) dari segi tujuan dilakukan untuk koordinasi dalam rangka menyelaraskan tindakan menyatukan visi dan memperoleh solusi terhadap suatu permasalahan menyampaikan informasi sehubungan dengan informasi kedinasan serta menyampaikan ide/gagasan sehubungan dengan kebijakan atau program sekolah dan (b) dari segi bentuk dilakukan secara kelompok melalui kegiatan briefing dan kegiatan rapat dengan diikuti oleh seluruh staf pendidik dan tenaga kependidikan baik tatap muka maupun online serta secara antarpribadi apabila terdapat panggilan dari kepala sekolah atau inisiatif dari masing-masing staf untuk menghubungi kepala sekolah baik tatap muka maupun online (2) gaya komunikasi kepala sekolah perempuan yang cenderung diterapkan yaitu gaya komunikasi asertif dilihat dari penyampaiannya yang lugas prosesnya yang dilakukan dengan berdiskusi serta sifatnya yang terbuka (3) faktor pendukung komunikasi kepala sekolah perempuan dengan para staf yaitu (a) adanya persiapan pesan (b) penerapan diskusi (c) hubungan yang baik (d) cara penyampaian pesan yang baik dan (e) jaringan internet yang baik serta (4) faktor penghambat komunikasi kepala sekolah perempuan dengan para staf yaitu hambatan manusiawi yang berasal dari staf pendidik/tenaga kependidikan meliputi (a) staf pendidik/tenaga kependidikan dengan tingkat pemahaman yang kurang baik terhadap pesan/informasi dan (b) staf pendidik/tenaga kependidikan dengan karakter yang berbeda-beda ketika berkomunikasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/196987 |
Actions (login required)
View Item |