Hubungan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru smk negeri di kota malang / Indah Amelia - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru smk negeri di kota malang / Indah Amelia

Amelia, Indah Amelia (2021) Hubungan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru smk negeri di kota malang / Indah Amelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peran kepemimpinan pembelajaran penting sekali di terapkan di sekolah. Pemimpin pembelajaran berurusan secara langsung dengan guru baik secara individu maupun kelompok untuk memperbaiki dan meningkatkan kegiatan akademik yaitu memperbaiki situasi belajar mengajar. Kepemimpinan pembelajaran Kepala Sekolah berkontribusi sangat signifikan yakni menetapkan misi sekolah mengelola program pembelajaran membangun iklim pembelajaran yang baik dan memimpin para guru agar mengajar lebih baik. Selain kepemimpinan pembelajaran guru memiliki peranan yang penting dalam menentukan kualitas dan kuantitas pengajaran yang dilaksanakan. Oleh sebab itu seorang guru juga perlu memiliki motivasi untuk melaksanakan memikirkan dan merencanakan pembelajaran agar dapat melaksanakan pembelajaran yang aktif kreatif inovatif sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang berkualitas. Motivasi yang tinggi mampu meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan (1) tingkat kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah (2) tingkat motivasi kerja guru (3) tingkat kinerja guru (4) hubungan kepemimpinan pembelajaran dan kinerja guru (5) hubungan motivasi kerja guru dan kinerja guru (6) hubungan antara kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri di Kota Malang. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket dengan menggunakan skala likert dengan 4 alternatif jawaban. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif mean dan standar deviasi analisis korelasi Product Moment Pearson dan korelasi ganda. Populasi yang dipilih adalah guru SMK Negeri Kota Malang. Dari 1051 guru dipilih 214 guru di 5 SMK Negeri di Kota Malang sebagai sampling. Menggunakan teknik Simple Random Sampel. Hasil pada penelitian ini (1) berdasarkan kriteria kelas interval kepemimpinan pembelajaran nilai mean diperoleh sebesar 67 45 yang berada pada rentang nilai 64 35 - 70 56 tingkat kepemimpinan pembelajaran kepala SMK Negeri di Kota Malang berada dalam kategori cukup (2) berdasarkan kriteria kelas interval motivasi kerja guru nilai mean diperoleh sebesar 81 86 yang berada pada rentang milai 78 46 - 85 43 tingkat motivasi kerja guru SMK Negeri di Kota Malang berada dalam kategori cukup (3) berdasarkan kriteria kelas interval kinerja guru nilai mean diperoleh sebesar 84 64 yang berada pada rentang milai 81 36 - 87 92 tingkat kinerja guru SMK Negeri di Kota Malang berada dalam kategori cukup (4) berdasrkan hasil pengujian product moment pearson Skor rhitung gt rtabel (0 504 gt 0 138) dan nilai signifikansi sebesar (0 000 lt 0 05) maka terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan pembelajaran (X1) dan kinerja guru (Y) (5) berdasarkan hasil pengujian product moment pearson Skor rhitung gt rtabel (0 139 gt 0 138) dan nilai signifikansi sebesar (0 000 lt 0 05) maka terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi kerja guru (X2) dan kinerja guru (Y) (6) berdasarkan hasil pengujian dengan menunjukan nilai multiple correlation 0 144 gt 0 05 maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan pembelajaran dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMK Negeri di Kota Malang. Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik kesimpulain sebagai berikut (1) tingkat kepemimpinan pembelajaran Kepala SMK Negeri di Kota Malang berada dalam kategori cukup (2) tingkat motivasi kerja guru SMK Negeri di Kota Malang berada dalam kategori cukup (3) tingkat kinerja guru SMK Negeri di Kota Malang berada dalam kategori cukup (4) ada hubungan yang positif signifikan antara kepemimpinan pembelajaran dengan kinerja guru SMK Negeri di Kota Malang (5) ada hubungan yang positif signifikan antara motivasi kerja guru dan kinerja guru SMK Negeri di Kota Malang (6) ada hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan pembelajaran dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMK Negeri di Kota Malang. Saran dari peneliti ini ditunjukan pada (1) Kepala Cabang Dinas Wilayah Malang-Batu menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas kepala sekolah dan guru terutama pada sub variabel kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan sub variabel kinerja guru apabila sehingga menghasilkan pembelajaran yang efektif dan efisien dengan menghasilkan output yang berkualitas (2) Kepala SMK Negeri di Kota Malang meningkatkan motivasi dan kinerja guru kegiatan motivasi tersebut dapat dilakukan melalui pemotivasian secara langsung oleh kepala sekolah melayani pengaduan terkait ketidaknyamanan dalam bekerja adanya hubungan kerja yang harmonis serta menciptakan kondisi kerja yang menyenakan dan baik (3) Guru SMK Negeri di Kota Malang meningkatkan kemampaun kinerjanya dalam perencanaan penggorganisasian pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dengan cara mengikuti kegiatan pelatihan seminar lokakarya dan pelatihan profesi lainya (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Diharapkan hasil penelitian ini dijadikan sebagai bahan untuk memperkaya kajian kepemimpinan kepala sekolah dan manajemen sumber daya manusia (5) Peneliti Lain diharapkan mengembangkan penelitian ini lebih detail lagi tekait dengan kepemimpinan pembelajaran motivasi kerja dan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196980

Actions (login required)

View Item View Item