Analisis pemanfaatan search engine sebagai sumber belajar peserta didik dalam memahami materi ips / Rista Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pemanfaatan search engine sebagai sumber belajar peserta didik dalam memahami materi ips / Rista Anggraini

Anggraini, Rista Anggraini (2021) Analisis pemanfaatan search engine sebagai sumber belajar peserta didik dalam memahami materi ips / Rista Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan search engine sebagai sumber belajar dalam memahami materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tengah peralihan perkembangan zaman. Dimana pada awalnya buku sebagai sumber belajar namun sekarang internet digunakan oleh peserta didik sebagai sumber belajar dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik yang memanfaatkan search engine sebagai sumber belajar IPS mampu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Situs-situs yang sering dikunjungi oleh peserta didik dalam mencari jawaban yaitu Brainly dan wikipedia. Belajar menggunakan search engine sebagai sumber belajar rentang waktu yang digunakan oleh peserta didik yaitu intensitas rendah yaitu dengan durasi 1/2-1 jam sehari dan intensitas tingging dengan durasi 3-4 jam sehari. Sebagian besar peserta didik menyatakan bahwa belajar menggunakan search engine sebagai sumber belajar mampu dilakukan secara mandiri karena memiliki banyak informasi yang bisa mendukung kegiatan belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196849

Actions (login required)

View Item View Item