Pengaruh pelatihan goal setting terhadap peningkatan motivasi mengerjakan skripsi pada mahasiswa fakultas pendidikan psikologi universitas negeri malang angkatan 2017 / SITI NURUL MUFAZIROH - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pelatihan goal setting terhadap peningkatan motivasi mengerjakan skripsi pada mahasiswa fakultas pendidikan psikologi universitas negeri malang angkatan 2017 / SITI NURUL MUFAZIROH

Mufaziroh, Siti Nurul Mufaziroh (2021) Pengaruh pelatihan goal setting terhadap peningkatan motivasi mengerjakan skripsi pada mahasiswa fakultas pendidikan psikologi universitas negeri malang angkatan 2017 / SITI NURUL MUFAZIROH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi merupakan salah satu syarat yang wajib di kerjakan untuk memperoleh gelar sarjana dari sebuah perguruan tinggi. Skripsi sering dianggap sulit oleh mahasiswa berbagai kesulitan yang dialami mahasiswa berdampak pada kondisi psikis mahasiswa seperti kehilangan motivasi. Motivasi sangat dibutuhkan dalam proses mengerjakan skripsi. Nurhayati (2013) menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan proses penulisan sripsi. Perlu adanya upaya untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Menurut Locked and Latham goal setting bisa meningkatkan motivasi seseorang karena dengan adanya tujuan seseorang akan berusaha lebih keras dari pada seseorang yang tidak memiliki tujuan (Puspita 2021) artinya goal setting bisa menjadi salah satu upaya untuk meingkatkan motivasi. Menurut (Setiawan 2017) goal setting bisa diberikan melalui pelatihan karena mampu meningkatkan motivasi pada mahasiswa artinya salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meingkatkan motivasi yaitu melaui pelatihan goal setting. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan goal setting ini bisa perpengaruh terhadap peningkatan motivasi mengerjakan skripsi. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh pelatihan goal setting terhadap peningkatan motivasi mengerjakan skripsi pada mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode quasi eksperimen one group pretest postets. Motivasi mengerjakan skripsi diukur menggunakan skala motivasi mengerjakan skripsi yang di modifikasi oleh peneliti. Total subjek 7 orang mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Kondisi pandemi yang terjadi membuat pelatiahan goal setting dilaksanakan secara daring. Pelatiahan goal setting dilaksanakan pada tanggal 28-29 agustus 2021 melalui goole meet setiap pertemuan dilaksanakan selama 2 jam. Pada pertemuan pertama subjek difokuskan untuk sharing menyampaikan kendala yang dialami saat mengerjakan skripsi dan diberikan materi terkait penting sebuah goal setting tujuan dari pertemuan pertama ini untuk mengetahui kendala apa yang menghambat subjek sehingga tidak memiliki motivasi untuk mengerjakan skripsi. Pada pertemuan kedua subjek di fokuskan pada cara-cara dalam membuat goal setting. Tujuan pertemuan kedua ini adalah untuk membantu meningkatkan motivasi mengerjakan skrpsi dengan cara membuat goal setting terkait apa yang menjadi tujuan atau cita-cita yang ingin digapai selain itu subjek juga diminta membuat target penulisan skripsi dan karir planning dimasa yang akan datang sehingga bisa memotivasi subjek untuk segera menyelesaikan skripsi Berdasarkan hasil pretest dan posttest subjek penelitian mengalami kenaikan motivasi dalam mengerjakan skripsi sekitar 9 62% hingga 30 77%. Dengan taraf signifikan (0 018) lt 0 05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan goal setting berpengaruh terhadap peningkatan motivasi mengerjakan skripsi pada Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Kata Kunci Motivasi Mengerjakan Skripsi Pelatihan Goal Setting Eksperimen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196586

Actions (login required)

View Item View Item