Analisis kebutuhan ruang terbuka hijau untuk menyerap emisi co2 kendaraan bermotor (studi kasus: jembatan teluk kendari) / WA ODE DWI MUJA LESTARI - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kebutuhan ruang terbuka hijau untuk menyerap emisi co2 kendaraan bermotor (studi kasus: jembatan teluk kendari) / WA ODE DWI MUJA LESTARI

Lestari, Wa Ode Dwi Muja Lestari (2021) Analisis kebutuhan ruang terbuka hijau untuk menyerap emisi co2 kendaraan bermotor (studi kasus: jembatan teluk kendari) / WA ODE DWI MUJA LESTARI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tingginya arus pergerakan kendaraan bermotor pada Jembatan Teluk Kendari berkontribusi dalam peningkatan konsentrasi emisi CO2 sehingga penelitian terkait analisis kebutuhan penyediaan RTH publik yang dapat mereduksi polusi udara serta turut mengembangkan fungsi lahan di sekitar kawasan jembatan yang berpotensi menjadi kawasan kumuh perlu untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui jumlah kendaraan bermotor yang melintasi JTK (2) menganalisis konsentrasi emisi CO2 yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor di JTK serta (3) menganalisis kebutuhan RTH untuk menyerap emisi CO2 yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor pada JTK. Penelitian ini dilakukan pada kawasan JTK tepatnya ruas Jl. Wr. Soepratman (JTK) Jl. Insinyur Soekarno Jl. Tinumbu-Jl. Beringin III-Jl. Gajah Mada dan Jl. Sukowati sedangkan RTH publik yang ditinjau merupakan RTH yang berada di Kecamatan Kendari. Kegiatan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan tahapan sebagai berikut (1) melakukan perhitungan kendaraan bermotor (2) melakukan perhitungan emisi CO2 kendaraan bermotor (3) menentukan kebutuhan RTH untuk menyerap emisi CO2 kendaraan bermotor dan (4) merencanakan desain RTH untuk menyerap sisa emisi CO2 kendaraan bermotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama waktu pengamatan traffic counting dilakukan pada 3 jam puncak tercatat rata-rata 12444 unit kendaraan melintas setiap harinya pada keempat ruas jalan yang ada di kawasan Jembatan Teluk Kendari. Total konsentrasi emisi CO2 yang dihasilkan adalah 2952 88 ton/tahun. Kebutuhan RTH untuk menyerap seluruh emisi dilakukan dengan mengoptimalkan RTH eksisting menjadi RTH berdaya serap total 1454 11 ton/tahun dan mendesain RTH baru berdaya serap total 1514 98 ton/tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196284

Actions (login required)

View Item View Item