Nifta, Diana Nifta (2021) Pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior (ocb) melalui komitmen organisasi (karyawan pt. bri (persero) tbk kanca malang martadinata) / Diana Nifta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Nifta Diana. 2021. Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) melalui Komitmen Organisasi Karyawan PT BRI (Persero) Tbk Kanca Malang Martadinata. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Afwan Hariri Agus Prohimi S.E. M.Si. Kata Kunci Kepuasan Kerja Organizational Citizenship Behavior (OCB) Komitmen Organisasi Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada karyawan PT. BRI (Persero) Tbk Kanca Martadinata dinilai sangat menonjol dimana karyawan tersebut selalu bersedia dengan sukarela untuk membantu rekan kerjanya yang sedang memiliki masalah terkait dengan pekerjaan. Karyawan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Malang Martadinata juga memiliki kerja sama tim yang sangat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepuasan kerja berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior (OCB) melalui komitmen organisasi. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kepuasan kerja komitmen organisasi dan organizational citizenship behavior (ocb) di PT. BRI (persero) Tbk Kanca Martadinata Malang mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pengaruh komitmen organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) mengatahui pengaruh kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) melalui komitmen organisasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis jalur. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Random Sampling dengan jumlah sampel sebesar 85 responden. Metode pengumpulan data meggunakan kuesioner tertutup dan disebarkan secara langsung kepada karyawan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Malang Martadinata. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dapat diketahui bahwa kepuasan kerja termasuk dalam kategori sangat puas komitmen organisasi termasuk dalam kategori sangat puas dan organizational citizenship behavior (OCB) termasuk dalam kategori sangat puas. Kemudian hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi maka H1 diterima. Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB) maka H2 diterima. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB) maka H3 diterima. Komitmen organisasi juga dapat memediasi secara signifikan pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Saran yang diberikan peneliti pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Malang Martadinata adalah sebaiknya mempertahankan dan meningkatkan kepuasan kerja karyawan dan organizational citizenship behavior (ocb) dengan cara pimpinan memperhatikan indikator-indikator yang dapat mempertahankan dan meningkatkan kepuasan kerja karyawan seperti kepuasan pada pekerjaan itu sendiri gaji atasan promosi kelompok kerja dan kondisi kerja. Saran bagi penelitian berikutnya sebaiknya model ini diujicobakan dalam konteks dan perusahaan yang berbeda baik BUMN maupun perusahaan swasta serta mengkaji berbagai macam sumber sehingga menghasilkan penelitian yang lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/195904 |
Actions (login required)
View Item |