Pengembangan video siapa aku (siaku) untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa SMA Negeri 7 Malang / Riska Kusuma Hesti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video siapa aku (siaku) untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa SMA Negeri 7 Malang / Riska Kusuma Hesti

Hesti, Riska Kusuma (2021) Pengembangan video siapa aku (siaku) untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa SMA Negeri 7 Malang / Riska Kusuma Hesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Krisis kepercayaan diri dapat menghambat penyelesaian tugas perkembangan remaja yaitu kematangan dalam mencapai pola hubungan baru dengan teman sebaya atas dasar etika moral yang berlaku di masyarakat. Oleh karena itu diperlukan alternatif solusi untuk mengfasilitasi siswa secara menyeluruh dalam meningkatkan kepercayaan diri melalui layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan media yang lebih menarik dan efektif penggunaanya pada layanan bimbingan. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan mengembangkan produk Siapa Aku (SIAKU) untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa SMAN 7 Malang. Produk SIAKU memuat 2 produk berupa 3 video edukasi dan buku panduan bagi konselor. Produk SIAKU dikembangkan sebagai media bagi konselor dalam memberikan layanan bimbingan klasikal guna meningkatkan kepercayaan diri pada siswa SMAN 7 Malang. Metode penelitian yang digunakan merujuk pada model pengembangan Borg amp Gall yang telah diadaptasi meliputi (1) studi pendahuluan (2) perencanaan produk (3) pengembangan produk (4) validasi produk terhadap ahli materi ahli media calon pengguna (5) revisi produk awal (6) uji coba lapangan utama (7) revisi terhadap produk operasional. Subjek penelitian dan pengembangan terdiri dari satu ahli materi satu ahli media dua calon pengguna (konselor) dan sepuluh calon pengguna (siswa). Analisis data pada hasil uji ahli dan calon pengguna (siswa) menggunakan numerik rerata sedangkan hasil uji calon pengguna menggunakan inter-rater agreement. Hasil indeks pada uji ahli materi produk video SIAKU memperoleh aspek ketepatan sebesar 4 00 kegunaan sebesar 4 00 kemudahan sebesar 4 00 kemenarikan sebesar 4 00. Sedangkan hasil uji ahli materi buku panduan SIAKU memperoleh aspek ketepatan sebesar 3 00 kegunaan sebesar 4 00 kemudahan sebesar 3 00 kemenarikan sebesar 4 00. Pada uji ahli media produk video SIAKU mendapatkan indeks penilaian dari aspek ketepatan sebesar 3 95 kegunaan sebesar 4 00 kemudahan sebesar 4 00 dan kemenarikan sebesar 4 00. Kemudian uji ahli media pada buku panduan SIAKU mendapatkan indeks penilaian dari aspek ketepatan sebesar 3 74 kegunaan sebesar 4 00 kemudahan sebesar 4 00 dan kemenarikan sebesar 4 00. Pada hasil uji calon pengguna (konselor) pada produk video SIAKU diperoleh kesepakatan indeks 1 00 dan buku panduan SIAKU diperoleh kesepakatan indeks 1 00 yang dapat diartikan bahwa penilaian berada pada kategori sangat tinggi. Sedangkan analisis data pada hasil uji calon pengguna (siswa) memperoleh aspek ketepatan sebesar 3 77 kegunaan sebesar 3 91 kemudahan sebesar 3 96 kemenarikan sebesar 3 89. Secara keseluruhan hasil uji menunjukkan bahwa produk Siapa Aku (SIAKU) mendapatkan kategori penilaian sangat tinggi dan telah memenuhi keberterimaan produk sebagai media bagi konselor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195402

Actions (login required)

View Item View Item