Ekawati, Aprillia (2021) Pengembangan video pembelajaran menggunakan powtoon tentang sumpah pemuda untuk pembelajaran sejarah siswa kelas X TKJ di SMK Nasional Malang / Aprillia Ekaawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ekawati Aprillia. 2021. Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Powtoon Tentang Sumpah Pemuda Untuk Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X di SMK Nasional Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto M. Hum. Kata kunci video powtoon pembelajaran sejarah. Perkembangan suatu negara dalam ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin meluas ini membawa banyak perubahan-perubahan salah satunya di dalam dunia pendidikan. Pada zaman sekarang banyak para pengajar menggunakan berbagai macam media untuk mengajar. Berbagai macam media yang dihasilkan sebagai alat atau bahan yang dapat menunjang keberhasilan belajar seseorang. Salah satunya media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah media video. Video pembelajaran merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam matapelajaran apapun salah satunya dalam pembelajaran sejarah. Saat ini media pembelajaran video menjadi media yang efektif dalam pembelajaran di SMK dalam era seperti ini. Di dunia saat ini telah dikejutkan dengan satu wabah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus bernama Corona atau lebih dikenal dengan Covid-19 (Corona Vyrus Diseases-19). Penyebaran virus Covid-19 ini menjadi penyebab naiknya angka kematian di berbagai negara yang sudah terjangkit dengan virus ini. Pada bidang pendidikan menjadi salah satu dampak yang terjadi akibat adanya pandemic Covid-19 ini. Dengan diberlakukannya peraturan pemerintah yaitu WFH (Work From Home) maka pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau biasa disebut dengan online. Dari pembelajaran online ini muncullah beberapa faktor penghambat yang terjadi pada siswa dan gurunya sendiri. Dari permasalahan tersebut peneliti mengembangkan media video pembelajaran menggunakan Powtoon yang aplikasi ini hampir mirip dengan Powerpoint akan tetapi Powtoon ini lebih banyak tema animasi dan fitur-fitur lainnya. Tujuan dari pengembangan video pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang sejarah Sumpah Pemuda dan menguji kelayakan video pembelajaran menggunakan Powtoon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R D) Sugiyono (2016). Maka dari itu penelitian ini menghasilkan produk yang berupa video pembelajaran yang merupakan salah satu alternatif yang dapat menghilangkan kejenuhan siswa dari pembelajaran online. Video interaktif menggunakan Powtoon ini telah melalui uji validasi dari ahli materi ahli media dan siswa selaku responden. Adapun hasil validasi dari ahli materi menunjukan persentase sebesar 77 5% dan ahli media dengan persentase sebesar 91 42%. Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media tersebut termasuk ke dalam kategori sangat valid dan memerlukan revisi. Selanjutnya hasil uji coba yang dilakukan kepada kelompok kecil menunjukkan persentase sebesar 87% dengan kategori layak dan hasil uij coba lapangan menunjukkan persentase sebesar 75 25% dengan kategori layak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/195245 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |