Pengembangan media flipbook materi peranan tokoh dalam peristiwa proklamasi untuk meningkatkan minat belajar di xi mipa 1 sma negeri 6 malang / Danyel Deovanny - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media flipbook materi peranan tokoh dalam peristiwa proklamasi untuk meningkatkan minat belajar di xi mipa 1 sma negeri 6 malang / Danyel Deovanny

Deovanny, Danyel Deovanny (2021) Pengembangan media flipbook materi peranan tokoh dalam peristiwa proklamasi untuk meningkatkan minat belajar di xi mipa 1 sma negeri 6 malang / Danyel Deovanny. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Deovanny Danyel. 2021. Pengembangan Media Flipbook Materi Peran Tokoh Dalam Peristiwa Proklamasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial. Pembimbing (I) Dr. Blasius Suprapta M.Hum (II) Nurfahrul Lukmanul Khakim S Pd. M.Pd Kata Kunci Media Flipbook Tokoh Proklamasi Minat Belajar Pandemi Covid-19 berdampak buruk terhadap segala aspek tidak terkecuali pada aspek pendidikan. Kebijakan social distancing ataupun physical distancing diterapkan untuk menekan penyebaran Covid-19. Pembelajaran online menjadi solusi efektif guna menekan penyebaran wabah pada siswa dan pendidik. Berdasarkan pengamatan dan informasi terkait proses pembelajaran sejarah online yang dilakukan di SMA Negeri 6 Malang menunjukan bahwa minat belajar sejarah kelas XI MIPA sangat rendah dengan kategori kelas XI MIPA 1 menjadi kelas dengan minat belajar sejarah terendah. Hal tersebut dapat dilihat dari respon yang diberikan siswa merujuk pada respon negatif saat melaksanakan proses pembelajaran sejarah online selain respon minat belajar sejarah yang rendah ditunjukan oleh nilai ulangan pada K.D. 3.9 tidak memenuhi standart nilai yang telah disediakan. Penggunaan media pembelajaran dapat menjadi solusi terhadap rendahnya minat belajar sejarah siswa. Penggunaan media akan memberikan suasan baru terhadap pembealajaran sejarah online yang inofatif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Flipbook pada matapelajaran wajib media tersebut memuat materi berdasarkan KD 3.9 yaitu peran tokoh dalam peristiwa Proklamasi. Penelitian ini dikembangkan dengan model ADDIE oleh I Wayan Tegeh yaitu (1) Analisis (Analyze) (2) Perencanaan (Design) (3) Pengembangan (Development) (4) Implementasi (Implementasi) (5) Evaluasi (Evaluation). Pada penelitian ini dapat diketahui validitas produk yang dikembangkan melalui kegiatan validasi ahli materi dan ahli media. Selanjutnya efektifitas produk dapat diketahui melalui kegiatan ujicoba kelompok kecil dan ujicoba kelompok bedasar. Selain itu untuk mengetahui medai yang dikembangkan mampu meningkatkan minat belajar sejarah akan dilakukan uji minat belajar sebelum menggunakan media dan uji minat belajar sesudah menggunakan media. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah tersusunya media pembelajaran Flipbook materi peran tokoh dalam peristiwa Proklamasi. Berdasarkan analisis media Flipbook ini valid untuk digunakan. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi materi yang mendapatkan nilai persentase 92% dan hasil validasi media sebesar 100%. Media Flipbook juga efektif saat digunakan dalam proses pembelajaran hal ini ditunjukan hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan prosentase sebesar 90% sedangkan uji coba kelompok besar mendapatkan prosentase sebesar 91%. Sedangkan untuk uji pengukuran minat sebelum memakai produk mendapatkan prosentase sebesar 48% sedangkan uji pengukuran minat sesudah memakai produk sebesar 97% yang dapat disimpulkan bahwa produk sangat valid untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195227

Actions (login required)

View Item View Item