Listyana, Kharisma (2021) Pengembangan lembar kegiatan siswa dengan pendekatan problem based learning materi dinamika planet bumi / Kharisma Listyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Paradigma pendidikan abad 21 menekankan pada kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis dapat diciptakan melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini menghasilkan LKS dengan pendekatan Problem Based Learning pada materi Dinamika Planet Bumi untuk membuat proses pembelajaran menjadi inovatif dalam memenuhi tuntutan kurikulum 2013. Pengembangan LKS dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI jurusan Ips di SMA Negeri 1 Bangil Pasuruan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk memperoleh data kualitatif dan data kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif persentase. Hasil validasi ahli materi dan ahli desain LKS memperoleh total persentase 70-80%. Kedua hasil pengujian oleh ahli tersebut menurut pendapat Arikunto (2013) masuk dalam kriteria ldquo Layak rdquo dan ldquo Valid rdquo dengan memperhatikan saran dari validator. Hasil uji coba LKS pada subjek guru dan siswa memperoleh rata-rata persentase 79 67%. Berdasarkan hasil uji coba LKS dengan pendekatan Problem Based Learning pada materi Dinamika Planet Bumi layak digunakan untuk siswa kelas X SMA.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/195114 |
Actions (login required)
View Item |