Aida, Erna Nur Aida (2021) Pengembangan modul mata kuliah pengukuran listrik untuk meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa program studi s1 pendidikan teknik elektro universitas negeri malang / Erna Nur Aida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil belajar yang berbeda-beda karena latar belakang dari sekolah sebelumnya menyebabkan adanya tidak kesetaraan. Pengembangan modul dirasa perlu dilakukan untuk menyetarakan antara nilai mahasiswa satu dengan yang lainnya. Dengan adanya modul mahasiswa menerima materi capaian kompetensi mata kuliah dan evaluasi yang sama sehingga diharapkan nilainya tidak terlalu berbeda jauh. Tujuan dari pengembangan ini adalah (1) merancang modul Mata Kuliah Pengukuran Listrik pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang (2) mengembangkan modul Mata Kuliah Pengukuran Listrik pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang (3) menguji kelayakan modul Mata Kuliah Pengukuran Listrik pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pengembangan ini menggunakan model Research and Development (R amp D) yang dikembangkan oleh Sugiyono sedangkan instrumen yang digunakan adalah angket empat pilihan jawaban. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada dosen pengampu mata kuliah Pengukuran Listrik Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan data yang didapat berupa data kuantitatif yang diperoleh dari angket dengan skala Likert. Hasil dari pengembangan ini yaitu modul mata kuliah Pengukuran Listrik Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro semester ganjil. Pengujian kelayakan dilakukan sebanyak dua kali yaitu (1) uji coba produk oleh mahasiswa angkatan 2017 sebanyak 10 sebesar 89 17% dan (2) uji coba pemakaian oleh mahasiswa angkatan 2021 sebanyak dua kelas sebesar 86 42%. Dari semua hasil persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa modul dikatakan sangat layak tanpa harus dilakukan revisi. Rancangan modul didasarkan pada Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dan panduan pembuatan modul. Pengembangan modul disesuaikan dengan CPMK dan buku panduan pembuatan modul. Uji kelayakan modul mata kuliah Pengukuran Listrik menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji coba produk dengan persentase 89 17% dan uji coba pemakaian dengan persentase 86 42%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/194821 |
Actions (login required)
View Item |